Arema FC Konsultasi ke PSSI Soal Seiya da Costa Lay

Reporter : Agung Prima
Seiya da Costa Lay (C) AREMAFC

Wearemania.net - Manajemen Arema FC masih belum mengetahui kemungkinan pemain anyarnya, Seiya da Costa Lay dapat dimainkan di kompetisi Elite Pro Academy bersama Arema U-18. Karenanya, mereka tengah berkonsultasi dengan PSSI selaku penyelenggara kompetisi dan pemegang regulasi.

Seiya yang lahir di Hiroshima, Jepang, pada 30 September 2001, memegang paspor Indonesia. Ayahnya Jefry da Costa merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) keturunan Jepang yang lahir di Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur tapi lama tinggal di Jepang, sedangkan ibunya, Sisilia MU, merupakan peranakan Cina yang juga seorang WNI.

"Kebetulan Seiya ini punya darah Indonesia, meski lahir di Jepang, orang tuanya WNI, tapi dia belum memilih kewarganegaraan, memang sejauh ini tidak ada regulasi yang mengatur pemain keturunan, tapi kami tetap berkonsultasi dengan PSSI," ungkap Media Officer Arema, Sudarmaji.

Seperti diketahui, negara Republik Indonesia cuma mengakui satu kewarganegaraan saja, sehingga warganya dilarang memiliki kewarganegaraan ganda. Karenanya, Seiya wajib memilih menjadi WNI atau warga Jepang.

"Selain berkonsultasi dengan PSSI, kami juga meminta orang tua Seiya untuk mengirimkan surat kepada PSSI terkait status anaknya, termasuk dokumen-dokumen pendukung yang berhubungan dengan identitas yang bersangkutan," imbuh mantan wartawan ini.

Sebelumnya, Seiya resmi diterima Akademi Arema U-18, Sabtu (11/5/2019) setelah menjalani seleksi selama tiga hari terakhir. Pemain 16 tahun yang berposisi sebagai gelandang bertahan dan stopper itu mendapatkan rekomendasi untuk bergabung dengan tim Arema U-18 di kompetisi Elite Pro Academy U-18 dari pelatih Miftahul Huda.

"Sebenarnya, yang bisa menjadikan Seiya WNI adalah keluarganya sendiri, bukan klub, tapi Arema sudah menjalin komunikasi terkait hal ini dengan keluarganya, mereka mengatakan Seiya juga sangat berkeinginan untuk memiliki kewarganegaraan Indonesia," pungkasnya.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Segiri Samarinda - 22/5 - 20.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

3 - 1
Liga 1 2019 - Stadion Maguwoharjo - 15/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya