Aremania Jepang di Balik Gabungnya Seiya da Costa Lay ke Arema

Reporter : Agung Prima
Seiya da Costa Lay bersama tim futsal Aremania Japan (C) IAN

Wearemania.net - Mohammad Ian menjadi salah satu sosok penting di balik bergabungnya pemain keturunan Jepang, Seiya da Costa Lay dengan tim Arema U-18. Salah seorang pendiri Aremania Japan itu yang memperkenalkan si pemain kepada manajemen Arema FC.

Lahir di Hiroshima, Seiya kebetulan merupakan keturunan ayah-ibu seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang lama tinggal di Jepang. Jefry da Costa ayahnya peranakan Jepang yang lahir di Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur, sedangkan ibunya, Sisilia Ma juga WNI keturunan Cina.

Pemain 17 tahun itu merupakan satu-satunya anak keturunan Indonesia-Jepang yang mendapatkan beasiswa di salah satu SMA ternama di Hiroshima bernama Joshuikan, karena permainan sepakbolanya bagus. Selama ini Joshuikan memang banyak menghasilkan bibit-bibit pesepakbola bertalenta untuk provinsi mereka.

"Karena kebetulan Papa Seiya itu teman kerja saya, saya tertarik untuk memakai Seiya untuk bermain di tim futsal Aremania Japan, kira-kira tiga tahun yang lalu," kata Ian kepada WEAREMANIA.

Tim futsal Aremania Japan yang diperkuat Seiya di kejuaaran futsal yang diadakan oleh anak-anak pemagang, akhirnya keluar sebagai juara. Setelah mengikuti kejuaraan itu, Seiya semakin mengenal Arema, semakin hari semakin suka, bahkan setiap Arema bermain selalu nonton lewat streaming.

"Dari situ Papa Seiya bertanya kepada saya, soal peluang anaknya menjadi pemain Arema, saya jawab kemungkinan bisa," imbuh pria yang sudah 19 tahun di Jepang itu.

Ian memastikan Seiya terhitung pemain lokal jika bermain di Indonesia, karena memegang dokumen-dokumen lengkap, termasuk paspor Indonesia. Tahun depan, ketika ada pemilihan kewarganegaraan, rencananya dengan mantap Seiya juga bakal memilih menjadi WNI.

"Sebelum terbang ke Malang, Seiya bilang kepada orang tuanya dan saya kalau dia ingin pulang ke Indonesia karena merasa sebagai orang Indonesia," tambahnya.

Setelah menjalani seleksi pemain selama tiga hari di bawah pelatih Arema U-18, Miftahul Huda, Sabtu (11/5/2019) lalu Seiya diputuskan lolos. Pemain berposisi gelandang bertahan itu langsung melakukan registrasi di Kandang Singa, sebutan untuk kantor Arema, Senin (13/5/2019) siang.

"Target pribadi saya untuk Seiya, dia bisa masuk ke tim senior Arema segera, saya juga berharap tiga tahun lagi Seiya bisa dilirik bergabung dengan tim nasional Indonesia U-23," pungkas pria kelahiran Malang, 30 Januari 1980 itu.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

4 - 1
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 16/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya