REVIEW Bali United 6-1 Arema FC: Kekalahan Terbesar Musim Ini

Reporter : Agung Prima

Wearemania.net - Arema FC harus menelan kekalahan terbesarnya musim ini di pekan ke-28 Liga 1 kala bertandang ke markas Bali United, Minggu (8/10/2017) malam. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, skuat Singo Edan hancur lebur dengan skor 6-1.

Mengusung rekor tak pernah kalah di Bali, penggawa Arema awalnya optimis memulai laga di babak pertama. Sayangnya, Bali United mengambil kendali dulu lewat serangan-serangan mematikan.

Laga baru berjalan 7 menit, Bali United sudah unggul dulu 1-0 berkat blunder kiper Arema, Dwi Kuswanto. Bola hasil tendangan bebas Irfan Bachdim yang sebenarnya tak terlalu kencang ke sisi kiri atas gawang gagal diraihnya.

Kebobolan lewat gol cepat seolah menjatuhkan mental pasukan Arema. Buktinya dua menit berselang, giliran Hendro Siswanto yang melakukan pelanggaran di kotak penalti terhadap Vander Velden. Eksekusi penalti yang diambil Sylvano Comvalius di menit 12 membuat tuan rumah unggul 2-0.

Tak mau dipermalukan, Arema mencoba bangkit. Lewat skema tendangan bebas Juan Pino di menit 16, bola sempat mengancam gawang Bali United yang dijaga Made Wardhana.

Di menit 20 giliran Cristian Gonzales yang mambuang peluang. Tandukan kepalanya meneruskan umpan silang Adam Alis masih membuat bola meninggi di atas gawang lawan.

Serbuan Arema itu langsung direspon Bali United dua menit kemudian. Sebuah umpan dari Comvalius ke ujung kotak penalti diteruskan Vander Velden, namun bola mampu ditangkap kiper Arema.

Menit 25 giliran Esteban Vizcarra yang mengirim umpan silang. Sialnya, tendangan Gonzales yang menyambut umpan tersebut malah membuat bola melambung tinggi.

Gol yang ditunggu Arema akhirnya datang juga di menit 32. Sebuah tusukan Adam Alis dari sisi kanan pertahanan Bali United berakhir dengan umpan cantik yang langsung dibelokkan tajam dan keras oleh Vizcarra menuju gawang kosong.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Bali United 2-1. Kedua tim menyiapkan perubahan apa yang kemungkinan bakal dilakukan di 45 menit kedua.

Saat babak kedua baru berjalan 7 menit, Stefano Lilipaly membuat gol ketiga bagi tuan rumah. Blunder Hanif Sjahbandi yang gagal membuang bola mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Lilipaly yang menggiring bola sejenak sebelum melepaskan tembakan keras menyusur tanah ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau tangan Dwi Kuswanto.

Serangan-serangan anak-anak Bali semakin merajalela. Di menit 57 tendangan bebas Vander Velden dipantulkan Lilipaly ke Bachdim, meski bola tak mampu dijangkaunya.

Selang 6 menit, Gonzales mendapat peluang emas yang seharusnya menjadi gol kedua Arema. Namun, umpan Pino dari rusuk kiri Bali United yang ditanduknya masih mampu diblok kiper Kadek.

Pada menit 76, Bali United dapat penalti kedua setelah Dwi menjatuhkan Miftahul Hamdi. Comvalius sebagai algojo kembali sukses merobek gawang Arema dan mengubah angka di papan skor menjadi 4-1.

Telak! Belum genap 3 menit berselang, Lilipaly mendapatkan brace pertamanya musim ini dengan meneruskan umpan matang Bachdim menjadi gol kelima Bali United.

Tak cukup dengan skor tersebut, Bali United menambah derita tim tamu 5 menit jelang laga bubar melalui gol Hamdi. Menyambut umpan Comvalius yang tak egois meski memiliki kesempatan menambah pundi golnya, bola dilesakkan Hamdi ke gawang Arema dengan mudah.

Skor 6-1 itu merupakan kekalahan terbesar Arema musim ini di Liga 1. Sebelumnya, kekalahan terbesar diukir Arema di kandang Persela Lamongan dengan skor telak 4-0.

Berikut Daftar Susunan Pemain kedua tim.

Bali United: Kadek, Made Andhika, Byung Keon, Wiantara, Fajrin, Sukadana, Taufiq, Van der Velden, Lilipaly, Bachdim, Comvalius.

Arema FC: Dwi, Hendro, Arthur, Syaiful, Farizi, Hanif, Adam Alis, Bustomi, Pino, Vizcarra, Gonzales.

 

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Jakabaring Palembang (20/10 - 15.00 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 1
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (14/10/2017 - 18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya