Ketika Arema Mem-Barcelona-kan Diri Soal Komunikasi dengan Media

Reporter : Agung Prima
Gethuk tak boleh diwawancarai usai memimpin latihan (C) DANI KW

Wearemania.net - Per Senin (4/12/2017) jangan harap dapat melihat pemandangan pelatih Arema FC, Joko Susilo berdiri di tepi lapangan menjalani sesi wawancara dengan awak media usai memimpin latihan. Sebab, kini segala informasi terkait manajemen klub dan tim harus 'seizin' dan keluar satu pintu melalui Media Officer, Sudarmaji, layaknya klub-klub dunia, seperti Barcelona misalnya.

Kami belum menemukan regulasi FIFA ataupun konfederasi di bawahnya seperti AFC dan AFF, serta PSSI yang mengatur hubungan antara klub dengan media. Yang jelas, klub seperti Barcelona, Real Madrid, Juventus, Manchestes United, Liverpool, Bayern Munchen, dan lain-lain sangat memproteksi akses keluarnya informasi teknis maupun non-teknis dari internal mereka. Hal ini yang membuat perwakilan manajemen, pelatih maupun pemain hanya bisa dimintai konfirmasi melalui jumpa pers resmi. Kalau pun ingin wawancara eksklusif pihak luar harus bayar dan medianya diwajibkan melalui verifikasi yang ketat. Arema FC bakal menerapkan sitem informasi yang demikian, meski tak seketat itu.

"Ini berbicara tentang memproteksi program pelatih, saya pikir pelatih kami punya beberapa ilmu baru yang didapatkan dari kursus kepelatihan lisensi A AFC di Thailand, mungkin salah satunya menata komunikasi dengan media, misalnya sementara ini saat setelah latihan tidak diadakan sesi wawancara langsung tapi melalui media officer," ungkap Sudarmaji selaku Media Officer Arema.

Memang, selama ini kultur di Indonesia terlanjur demikian, di mana awak media mencari informasi atau mengkonfirmasi beredarnya rumor kepada pelatih, atau pemain lebih sering di lapangan setelah sesi latihan. Jarang sekali kita melihat pelatih atau pemain Barcelona, dan bintang-bintang sepakbola dunia lainnya menjalani sesi wawancara di tepi lapangan, kecuali sudah membayar hak eksklusif kepada pihak klub, dalam hal ini mungkin Media Officer yang akan mengelolanya.

"Kita memahami tugas media dalam mencari informasi, tapi kita juga harus memahami pula kemauan seorang pelatih, mungkin saat ini dia butuh konsentrasi penuh karena sedang membangun pondasi dan kerangka tim, sehingga untuk sementara waktu tidak bisa melayani awak media di lapangan seperti biasanya, tidak masalah karena itu hak pelatih," imbuh Sudarmaji.

Sistem keluar masuknya informasi terbaru ini sekilas seolah membatasi ruang gerak media, baik tulis, online, cetak, radio, maupun televisi, yang ingin mencari komentar terkini dari pelatih terkait sesuatu hal yang ingin ditanyakan. Efek terparahnya, tentu bisa jadi akan merenggangkan hubungan antara pelatih dan pemain dengan awak media yang selama ini meliput Arema yang selama ini terjalin cukup baik di Malang. Namun, Sudarmaji menampiknya.

"Kami sangat butuh media, tapi bukan berarti menghalang-halangi media, kami memberikan waktu seminggu satu kali untuk bertatap muka dengan pelatih, waktunya kita sepakati setiap hari Rabu, di situ silakan wartawan memberikan saran, masukan, serta pertanyaan untuk keperluan berita, tentang review latihan sebelumnya, atau preview ke depannya misalkan ada pertandingan," tutur pria asal Banyuwangi tersebut.

Mungkin wartawan Spanyol, Inggris, Italia, atau Jerman sudah terbiasa dengan aturan demikian ketika mencari informasi mengenai klub-klub di negara mereka. Namun ini menjadi hal yang baru bagi kami dan kawan-kawan yang biasa melakukan peliputan berita-berita Arema. Setidaknya kami 'dipaksa' harus belajar kultur media sepakbola di Eropa sana, sebagai kiblat sepakbola dunia.

"Ini memang hal baru bagi kita, mungkin ini menjadi langkah awal, yang jelas sebagai Media Officer kami mencoba berproses menjalankan sesuatu yang mungkin belum biasa di antara kita, tujuannya uuntuk memproteksi pelatih, harapannya nanti ke depannya ada masukan dari teman-teman media, bagaimana saling menghargai, kami butuh media, dan media juga butuh komentar siapa pun bagian dari tim ini, kami siap dengan konsekuensi apa pun, menjalankan tugas demi keinginan pelatih, dan wartawan," tegasnya.

 

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 - Stadion Segiri Samarinda (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 3
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya