Soal Ricuh di Laga Arema, Kapolres Malang Angkat Bicara

Reporter : Agung Prima
Aparat keamanan pun ada yang terluka (C) WEAREMANIA

Wearemania.net - Soal kericuhan suporter yang terjadi dalam laga Arema FC melawan Persib Bandung di pekan keempat Liga 1 2018, Minggu (15/4/2018) malam, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung turut angkat bicara. Menurutnya, insiden di penghujung laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan Malang itu disebabkan oleh kesalahpahaman.

Pada menit tambahan waktu, dalam posisi sama kuat 2-2, pendukung Arema, Aremania merangsek dari tribun timur ke sentelban. Hal itu disinyalir dipicu oleh kepemimpinan wasit Handri Kristanto, yang puncaknya terjadi pada saat penyerang Arema, Dedik Setiawan dikartu merah setelah melanggar Ghozali Siregar.

"Sebenarnya, kejadian ini hanya salah paham, Aremania kecewa dengan keputusan wasit, kemudian mereka merangsek ke lapangan," ujar Ujung pada awak media.

Ketika ada Aremania yang merangsek masuk ke lapangan, aparat keamanan segera mengamankan kedua tim, dan perangkat pertandingan. Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan standar untuk melakukan pengamanan sebuah pertandingan saat terjadi kericuhan suporter.

"Teman-teman Aremania salah paham, mereka mengira kami membela (wasit), padahal ini sudah kewajiban kami untuk mengamankan," tegasnya.

Sebetulnya, indikasi adanya kericuhan ini sudah tercium ketika wasit mensahkan gol kedua Ezechiel Ndouassel di menit 77, meski sesaat sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap pemain Arema, Ahmet Atayev yang tak berbuah tendangan bebas. Ketika Balsa Bozovic menyamakan skor menjadi 2-2 sebenarnya suasana sempat kondusif dan Aremania kembali meneriakkan chant dukungannya di tribun.

"Jumlah pengamanan di pertandingan ini mencapai 1375 personel, jumlah itu sekitar tiga kali lipat dari pertandingan biasanya," pungkasnya.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2018 - Stadion Ratu Pamelingan - 21/4 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

2 - 2
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 15/4 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya