Tak Pikirkan Kerugian, Panpel Arema Prioritaskan Aremania

Reporter : Agung Prima
Abdul Haris menyebut kejadian ini di luar kendali Panpel Arema (C) WEAREMANIA

Wearemania.net - Abdul Haris belum menaksir kerugian yang dialami Stadion Kanjuruhan Malang dalam tragedi suporter yang terjadi dalam laga Arema FC vs Persib Bandung di pekan keempat Liga 1 2018, Minggu (15/4/2018) malam. Ketua Panpel Arema itu lebih memprioritaskan mengevakuasi Aremania yang kebanyakan menjadi korban gas air mata dari aparat keamanan.

"Kami belum bisa melihat sejauh itu, nanti kami akan mengecek secara keseluruhan, malam ini kami masih belum memperkirakan kerugian Stadion Kanjuruhan, seperti LED, bench, mudah-mudahan tidak banyak yang rusak, kami masih fokus pada evakuasi Aremania," ungkap Haris dalam jumpa persnya.

Secara pribadi maupun sebagai Ketua Panpel, Haris memohon maaf atas kejadian yang tentu tidak diinginkan semua pihak tersebut. Namun, ditegaskannya, semua yang dilakukan sudah sesuai dengan SOP Panpel.

Kericuhan pecah di menit 92 usai wasit Handri Kristanto memberikan kartu merah pada penyerang Arema, Dedik Setiawan yang melanggar Ghozali Siregar. Sesaat setelah Aremania masuk ke lapangan, yang diduga karena tidak puas atas kepemimpinan wasit tersebut, Match Comissioner pun memutuskan laga berakhir, dalam kedudukan sama kuat 2-2.

Sekitar seratusan lebih Aremania berjatuhan ketika aparat menyemprotkan gas air mata ke tribun ekonomi sayap selatan sebelah VIP. Korban yang kebanyakan wanita mengeluh sesak napas segera dievakuasi ke mini ICU dan ke rumah sakit terdekat menggunakan ambulans.

Menurut pria berkacamata itu, apa yang terjadi di stadion bukanlah hal yang diinginkan. Pihaknya pun sudah mengantisipasi semaksimal mungkin, salah satunya melipatgandakan jumlah personel keamanan, serta sosialisasi dan koordinasi kepada stake holder keamanan sehari sebelum pertandingan berlangsung.

"Namun apa yang terjadi malam ini di luar kendali kami, banyak faktor yang mempengaruhi sehingga terjadi akumulasi rasa emosi yang menyebabkan banyak korban, kami mohon doa kepada semuanya untuk para korban yang jumlahnya terus kami inventarisir, semoga segera diberi kesembuhan," pungkas pria yang juga Sekretaris Dispora Kabupaten Malang tersebut.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 7/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Gajayana - 6/6 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya