[IPL] Bajul Ijo Terkam Singo Edan

Reporter : Afdholud Dzikry
Musafri Kesulitan Melewati Dutra

Wearemania.net - Arema Indonesia harus menjalani pertandingan panas dalam lanjutan kompetisi Indonesia Premier League melawan tuan rumah sekaligus musuh bebuyutannya Persebaya Surabaya.

Pertandingan berlangsung sengit antara kedua tim yang sama-sama menurunkan formasi terbaiknya pada laga ini. Arema memainkan kiper terbaru mereka Dennis Romanovs untuk mengawal gawang mereka dari serbuan para pemain Persebaya. Minus Gunawan Dwi Cahyo yang izin karena ada acara keluarga dan Putra Habibie, Tomi Jaelani yang ditinggal di Malang karena cedera. Pelatih Antonic Dejan menurunkan Irfan Raditya untuk berduet dengan Hermawan di jantung pertahanan Arema.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim bermain hati-hati pada 10 menit awal babak pertama. Permainan kedua tim hanya cenderung disekitar lapangan tengah saja. Tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan gawang masing-masing tim. Baru selepas 10 menit tersebut Persebaya mampu memainkan permainan umpan-umpan pendek yang dimotori oleh pemain asal Brasil, Amaral.

Tepat menit 12, Persebaya mampu menjebol gawang Arema Indonesia yang dikawal Dennis Romanovs. Berawal dari umpan panjang Amaral ke dalam kotak pinalti. Komunikasi yang buruk antara bek Arema dan kiper membuat bola yang sebenarnya mudah mampu melewati halauan kiper Arema dan jatuh ke kaki Feri Ariawan setelah sebelumnya membentur kaki bek Arema dan mampu diceploskan dengan mudah oleh Feri. 1-0 untuk Persebaya.

Unggul satu gol, Persebaya tak mengendorkan serangannya. Pada menit ke-18, lagi-lagi gawang Arema terancam oleh serangan anak asuh Davildo ini. Kali ini giliran Mat Halil yang merangsek maju kedepan. Sayang Halil terlambat untuk melakukan shooting, sehingga peluang tersebut terbuang percuma.

Arema bukannya tanpa peluang, pada menit ke-26, Arema mendapatkan hadiah tendangan bebas setelah Otavio Dutra melangar Putut Waringin Jati. Tapi eksekusi Roman Chmelo masih bisa diamankan oleh Dutra. Setelah peluang itu beberapa kali Arema mampu merepotkan pertahanan Persebaya, namun sayang kokohnya pertahanan Bajul Ijo tersebut belum mampu ditembus Singo Edan.

Pada akhir babak pertama, sebenarnya Arema mempunyai kans untuk menyamakan kedudukan saat lini belakang Persebaya melakukan kesalahan saat miskoordinasi dengan kiper Endra dalam mengantisipasi tendangan Purwanto. Meski bisa ditinju Endra, bola muntah tersebut jatuh di kaki Roman Chmelo. Beruntung bagi Persebuaya tendangan Roman masih melambung di atas mistar gawang.

Babak kedua berjalan dengan Persebaya mengganti motor serangan mereka, Amaral yang cedera dan memasukkan pemain yang baru bergabung setelah memperkuat timnas, Rendi Irawan.

Pertandingan kali ini berlangsung dengan tempo yang cepat. Bahkan benturan-benturan antar pemain tidak dapat dihindarkan. Kedua tim sama-sama ngotot untuk meraih poin pada pertandingan ini. Jusmadi memperoleh peluang pertamanya saat tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti mampu merepotkan penjaga gawang Arema, Dennis Romanovs yang dengan sigap menghalau keluar bola tersebut.

Ditengah usaha untuk mengejar gol, Arema harus bermain dengan 10 orang sejak menit 66 setelah striker Arema, Purwanto memperoleh kartu kuning keduanya setelah menekel Taufiq dan mengakibatkan dirinya mendapat kartu merah.

Pada menit ke-71, Persebaya mendapat hadiah penalti setelah Faris Bagus menghentikan laju Feri Ariawan yang berakselerasi di kotak terlarang. Otavio Dutra yang ditunjuk sebagai eksekutor tak membuang peluang untuk menggandakan skor untuk Persebaya. 2-0 untuk tuan rumah Persebaya.

Unggul 2 gol membuat Persebaya sedikit mengendurkan serangannya. Hal ini membuat Arema berhasil memperkecil ketertinggalan lewat heading T.A. Musafri pada injury time. Gol indah tersebut tak mampu merubah skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya karena wasit meniup peluit panjang setelah gol tersebut. (afd/WE)

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Ratu Pamelingan - 20/7 - 18.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

4 - 1
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 16/7 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya