REVIEW Persib 2-0 Arema FC: Tradisi Buruk Berlanjut

Reporter : Agung Prima
Arema kalah 2-0 di Bandung (C) liga-indonesia.id

Wearemania.net - Tradisi buruk Arema FC yang tak pernah menang di Bandung terus berlanjut di pekan ke-21 Liga 1 2018. Kali ini mereka kalah 2-0 dari Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Kamis (13/9/2018) sore.

Sejak babak pertama, Persib selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Sementara Arema mencoba untuk mengamankan daerah pertahanannya.

Sepuluh menit pertama laga berjalan keras. Terbukti kartu kuning dilayangkan untuk pemain sayap Persib, Agung Mulyadi usai mengganjal bek sayap Arema, Ricky Ohorella dari belakang. Ricky akhirnya ditarik keluar di menit 21 digantikan Agil Munawar.

Pada menit 13 sebenarnya Arema sempat membuka peluang lewat Makan Konate yang terjatuh saat melakukan penetrasi. Bola diserobot Dedik Setiawan, namun masih bisa dihalau kiper Persib, Muhammad Natshir. Bola liar diserobot lagi oleh Konate, namun bola hasil tendangannya kembali dihalau oleh Dedi Kusnandar.

Tiga menit berselang, giliran Dedi yang mengancam gawang Arema. Sepakan dari luar kotak penalti memanfaatkan bola liar yang memantul dari kepala Hamka Hamzah masih meninggi di atas gawang yang dijaga Utam Rusdiana.

Giliran Arema yang mengancam gawang Persib di menit 27. Sepakan spekulasi Jefri Kurniawan dari luar kotak terlarang masih melenceng di sisi kanan gawang Natshir. Begitu pula upaya dari Dedik di menit 32 menyambut umpan panjang dari area pertahanan Arema yang masih mampu diantisipasi Victor Igbonefo.

Selang dua menit, Ridwan Tawainella yang melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Persib. Usai mengecoh Supardi, Tawainella melepaskan tembakan kaki kanan yang melintas di atas gawang Persib.

Petaka bagi gawang Arema hadir di menit 43 lewat sebuah serangan Ghozali Siregar dari sisi kanan pertahanan Arema. Sodoran umpan silangnya gagal dijangkau Utam dan Hamka di udara, namun bola jatuh di muka gawang Arema. Atep yang baru beberapa detik dimasukkan langsung menyambar bola tersebut dengan kaki kirinya hingga masuk ke gawang.

Tertinggal 1-0, di babak kedua Arema coba memasukkan tenaga pemain baru. Jefri ditarik keluar digantikan Dendi Santoso.

Di menit 53 Persib berpotensi menggandakan skor lewat tandukan kepala Ezechiel N'douassel. Menyambut tendangan pojok Ghozali, ternyata bola tandukannya tak mengarah ke gawang Arema. Begitu pula peluang lewat tendangan bebas In-Kyun Oh empat menit berselang yang mampu ditangkap dengan baik oleh Utam meski sempat membentur pagar betis bolanya.

Arema kian terpuruk setelah gol kedua Persib bersarang ke gawang Utam di menit 63. Lewat skema bola mati, kali ini Jonathan Bauman yang melakukan tandukan kepala. Bola yang jatuh di pojok kiri bawah karena sempat membentur mistar gawang coba dijangkau Utam. Sialnya, Bojan Malisic dengan kaki panjangnya lebih sigap menjangkau bola hingga masuk ke gawang Arema.

Upaya untuk bangkit terus dilakukan Arema mengandalkan Dedik di depan dengan ditopang Konate di belakangnya. Lewat sepakan melengkung kaki kanan dari luar kotak penalti di menit 65, Konate sempat memaksa Natshir melakukan penyelamatan sambil menjatuhkan diri guna membuang bola.

Saat waktu tersisa 13 menit, Arema berusaha meruncingkan lini depan dengan memasukkan Ahmad Nur Hardianto menggantikan Tawainella. Usaha ini dibantu oleh merangseknya Hamka ke lini depan. Bahkan, sang kapten tim sempat menghadirkan tendangan spekulasi di menit 80, meski hanya numpang lewat di atas gawang lawan.

Pada menit 82, Dedik mendapatkan peluang setelah lolos dari jebakan offside dan sergapan Natshir yang gagal. Namun, karena kehilangan momen, bola sepakannya mampu diblok barisan pertahanan Persib yang kembali bersiaga di depan gawang bidikan.

Begitu pula peluang Dedik semenit sebelum waktu normal berakhir yang belum mampu menjadi gol bagi Arema. Dikawal ketat, Dedik mencoba berbalik badan, lalu melepaskan tendangan kaki kiri, meski bola melebar di sisi kanan gawang Persib.

Lagi-lagi Dedik mendapatkan peluang emas lewat sepakan first time-nya menyambut umpan Dendi di masa injury time. Kali ini sepakannya memaksa bola melambung tinggi melewati mistar gawang Natshir.

Tak ada tambahan gol hingga tiga menit tambahan waktu yang diberikan wasit berakhir. Skor 2-0 memaksa Arema pulang tanpa hasil poin yang sangat diinginkan sekaligus memperpanjang rekor tak pernah menang mereka di Bandung.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Piala Indonesia 2018 - Stadion Gajayana - 20/11 - 18.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

4 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Surajaya Lamongan - 16/11 - 18.30 WIB
Hasil Selengkapnya