REVIEW PSS Sleman 3-1 Arema FC: Sedekah Tiga Poin

Reporter : Agung Prima
Selebrasi gol Comvalius (C) AREMAFC

Wearemania.net - Diwarnai kericuhan suporter yang mengakibatkan laga berhenti hampir satu jam, Arema FC melakukan 'sedekah tiga poin' kepada tuan rumah PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (15/5/2019) malam. Pada laga perdana Liga 1 2019 itu, skuat Singo Edan harus mengakui keunggulan 3-1.

Menurunkan skuat utamanya, gawang Arema yang dijaga kiper Kartika Ajie justru kebobolan lebih dahulu. Skema tendangan pojok di menit pertama mampu dimaksimalkan Brian Ferreira untuk menciptakan gol pembuka lewat tendangan first time-nya yang meluncur deras ke gawang Arema sebelah kiri.

Unggul 1-0 membuat PSS kian semangat menekan pertahanan Arema. Dua menit berselang, sebuah peluang kembali datang dari Brian, di mana tendangan bebasnya mampu diamankan oleh Ajie sehingga peluangnya menambah gol gagal.

Arema baru mendapatkan peluang di menit keenam lewat kaki Dendi Santoso. Sambil membalikkan badan, tembakan kaki kanannya dapat menjadi gol balasan andai tak ditangkap dengan sigap oleh kiper tim tuan rumah, Ega Pramana.

Peluang kedua Arema untuk menyamakan skor datang di menit 17 melalui aksi serangan balik Makan Konate. Tembakan keras kaki kanannya mampu diblok Ega, bola pantulannya pun gagal dijangkau kaki panjang Sylvano Comvalius yang lebih lamban berlari.

Selang sembilan menit, Konate kembali mencatatkan peluang emas. Masih menggunakan kaki kanan lewat skema serangan balik, tembakannya menyambut umpan datar Dendi masih sanggup dimentahkan Ega lagi.

Gol balasan yang ditunggu-tunggu dari Arema tiba juga di menit 29. Kiriman umpan tarik cantik dengan kaki kanan oleh Dendi sanggup dikonversi menjadi gol penyeimbang oleh tandukan kepala Comvalius yang meluncur ke pojok kanan bawah gawang PSS.

Pada menit 30, usai papan skor berubah menjadi 1-1, terjadi kericuhan antara suporter kedua tim, yang entah siapa yang memulainya. Setelah sekitar 50 menit laga tertunda, akhirnya dimulai lagi dengan diawali oleh pemain kedua tim yang kembali melakukan pemanasan.

PSS sempat berpeluang kembali unggul atas tim tamu lewat aksi tendangan bebas yang dilakukan Brian. Namun, Ajie lebih cekatan dalam mengamankan gawangnya dari kebobolan untuk kedua kalinya.

Di menit 36, terjadi perebutan bola antara Comvalius dengan Riky Kayame. Comvalius yang lebih bernafsu mencetak gol kedua akhirnya mengambil bola, namun lepas dan sanggup diamankan Ega sambil menjatuhkan badan.

Brian benar-benar menjadi momok bagi gawang Arema. Pada menit 38 nyaris saja sepakan lobnya masuk ke gawang andai tak digagalkan oleh tinjuan Ajie dengan terbang ke arah belakang sambil menjatuhkan diri.

Semenit berselang, tendangan pojok lagi-lagi menciptakan skrimit di depan gawang Ajie, di mana Johan Farizie yang menyapu bola yang mendadak meluncur datar menyusur tanah ke arah gawang kosong ketika ditinggal kiper. Bola pantul sempat diarahkan ke gawang lagi, yang akhirnya mampu diblok Ajie dengan dua tangannya.

Kokohnya tembok pertahanan Arema runtuh juga di menit 56. Sebuah penetrasi yang dilakukan Brian berakhir dengan sebuah sodoran manis yang diteruskan ke gawang Arema dengan tendangan plesing kaki kanan oleh Yevhen Bokhashvili.

Kembali unggul 2-1, PSS semakin membombardir pertahanan Arema, di mana lini pertahanan kerap melakukan kesalahan tak perlu. Seperti terjadi di menit 69 kala Arthur Cunha kalah duel dengan Kushedya Hari Yudo yang untungnya tembakannya mampu diblok Ajie.

Pada menit 70 dan 75, Arema melakukan pergantian pemain dua kali. Jayus Hariono dan Riky Kayame ditarik keluar, lalu dimasukkan Hanif Sjahbandi dan Dedik Setiawan sebagai pemain pengganti.

Pada menit 76, Comvalius berpeluang mencetak gol keduanya, sekaligus menyamakan skor menjadi 2-2. Namun, sebuah crossing dari Dedik di sisi kanan pertahanan PSS gagal dijangkaunya dengan kepalanya.

Tersisa sepuluh menit waktu normal, blunder yang dilakukan Hendro Siswanto saat momen serangan balik sempat dimanfaatkan oleh Brian. Namun, penetrasinya di sisi kanan pertahanan tim tamu hanya berakhir dengan tendangan yang mengarah ke langit.

Petaka bagi Arema datang di menit 81, ketika Rangga Muslim yang baru saja masuk sebagai pemain pengganti membuat skor menjadi 3-1 dengan golnya. Sebuah assist dari Brian dimanfaatkan dengan bail lewat tendangan kaki kiri terukur yang meluncur deras ke gawang Arema.

Tertinggal dua gol memaksa Arema bermain lebih agresif di sisa laga, yang sebenarnya sempat menghasilkan peluang dari Comvalius, Konate, bahkan Hamka Hamzah yang maju sebagai striker.

Pada momen tambahan waktu empat menit benar-benar menjadi ujian berat bagi PSS, lantaran serangan bertubi-tubi dari Arema terus dilancarkan. Sayang, tak satu gol pun tercipta untuk bisa mengubah papan skor untuk kemenangan PSS 3-1.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania