REVIEW Borneo FC 2-0 Arema FC: Kalah Kok Terus?

Reporter : Agung Prima
Arema kalah lagi (C) AREMAFC

Wearemania.net - Lagi-lagi, Arema FC gagal menuai poin di pekan kedua Liga 1 2019. Bertandang ke Stadion Segiri Samarinda, skuat Singo Edan harus menelan kekalahan beruntun yang kali ini dengan skor cukup telak 2-0.

Minus dua pemain andalannya, Alfin Tuasalamony dan Dendi Santoso, Arema mencoba menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Ricky Ohorella dan Dedik Setiawan diplot di posisi yang ditinggalkan keduanya.

Sebagai tuan rumah pada umumnya, Borneo FC menggebrak lebih dulu sejak babak pertama dimulai. Terbukti, enam menit laga berjalan, dua peluang dari Ambrizal Umanailo dan Ikhsan Kurniawan mengancam gawang Arema yang dijaga kiper Kartika Ajie.

Arema baru bisa menciptakan peluang di menit 10 lewat bola mati. Sepakan bebas Makan Konate mampu ditepis keluar kotak penalti oleh kiper Borneo, Nadeo Argawinata.

Selang tiga menit, giliran Johan Farizi yang mengirimkan umpan tarik dari sisi kanan pertahanan Borneo. Namun, bola yang meluncur dari kaki kanannya gagal dijangkau siapa pun hingga mendarat di pelukan Nadeo yang melompat pelan.

Pada menit 23, Sylvano Comvalius lepas dari jebakan offside, mencoba menerima sebuah umpan chip, namun terpeleset, dan bola jatuh di kaki Hanif Sjahbandi yang juga gagal menendang bola dengan baik. Bola yang jatuh tepat di muka Riky Kayame langsung disambarnya, namun justru tak mengarah ke gawang lawan.

Setengah jam laga berjalan, penyerang Borneo, Matias Conti baru dapat peluang empuk. Usai berbalik badan, bola ditendangnya dengan kaki kanan, namun meluncur ke sisi kanan gawang Arema.

Peluang emas Conti di menit 35 juga harus terbuang sia-sia. Usai mengejar bola daerah, tembakan terukur kaki kanan dilepaskannya, namun bola digagalkan dengan kaki kanan pula oleh Ajie.

Babak pertama tersisa empat menit, Umanailo melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, Ajie lebih sigap menepis bola dengan dua tangannya, hingga menjauh dari area kotak penaltinya.

Kayame membuang peluang emas untuk membawa Arema unggul di penghujung babak pertama. Sepakan keras kaki kanannya mengakhiri sebuah kerjasama apik antara Konate dan Dedik justru melambung tinggi di atas mistar gawang Borneo.

Pada awal babak kedua, pelatih Borneo, Mario Gomes langsung melakukan pergantian pemain. Lerby Eliandri yang rajin membobol gawang Arema dalam beberapa tahun terkhir dimasukkan menggantikan Ikhsan.

Arema yang masih bertahan dengan pola permainan di babak pertama justru mendapat peluang lebih dulu di babak kedua. Melalui skema serangan balik di menit 49, Dedik melepaskan sodoran cemerlang pada Konate yang berlari lepas dari jebakan offside. Bola yang sempat dihadang Javlon Husainov mampu dijangkau lagi, sebelum akhirnya sepakan keras melambung dilepaskannya.

Empat menit berselang, Borneo membalas lewat penetrasi Terens Puhiri dari sisi kiri pertahanan Arema. Sepakan kerasnya mampu dihadang Ajie, bola liar yang cob disundul Conti dengan kepalanya pun sanggup diamankan si kiper.

Pada menit 55, Borneo kembali melakukan perubahan komposisi pemain. Asri Akbar dimasukkan menggantikan Wahyudi Hamisi.

Gol yang ditunggu-tunggu para pendukung tim tuan rumah akhirnya datang juga di menit 57. Berawal dari penetrasi menembus sisi kanan pertahanan Arema, sepakan keras kaki kiri dilepaskan Umanailo yang justru berbelok arah saat bola mengenai ujung kaki Hamka Hamzah dan meluncur ke gawang Arema.

Tertinggal 1-0, barulah pelatih Arema, Milomir Seslija melakukan pergantian pemain di menit 60. Rivaldy Bawuo dimasukkan, sedangkan Kayame ditarik keluar.

Pada menit 63 sejatinya Arema berpeluang besar menyamakan skor lewat aksi Dedik yang merangsek dari sisi kiri pertahanan Borneo. Sayang baginya, tembakan jarak dekat dengan kaki kanan masih mampu diblok dengan baik oleh Nadeo.

Memasuki menit 65, Borneo kembali menarik pemainnya. Kali ini Rival Lastori dimasukkan menggantikan peran Umanailo sang pencetak gol.

Selang dua menit, sebuah kemelut terjadi di depan gawang Arema berawal dari umpan cantik pada Lastori yang melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan tim tamu. Sodorannya ke depan gawang gagal dimaksimalkan oleh Conti yang tampak terpeleset kala melakukan tendangan kaki kanan.

Hani ditarik keluar oleh tim pelatih Arema pada menit 69. Muhammad Rafli yang punya naluri menyerang lebih agresif coba dimasukkan untuk menambah daya gedor Arema.

Pada menit 77, Arthur yang mencoba naik membantu serangan melepaskan tembakan saat mendekati mulut kotak penalti. Namun tendangannya masih terlalu lemah dan mampu diamankan oleh Nadeo.

Petaka bagi gawang Arema kembali menghampiri di menit 86. Sebuah serangan balik lewat sisi kiri pertahanan Arema membuat Puhiri leluasa mengirimkan umpan tarik yang bolanya langsung diserobot Lerby dan melesakkannya ke gawang tanpa mampu dibendung Ajie.

Skor dua gol tanpa balas itu menegaskan kegagalan Arema meraih poin pertama di Liga 1 2019. Dua kekalahan beruntun di kandang PSS Sleman dan Borneo ini membuat Arema sementara menjadi penghuni zona degradasi.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 14/6 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 2019 - Stadion Kanjuruhan - 27/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya