Tak Perlu Silau Dengan Rekor Masa Lalu.

Ditulis Oleh Abi Yazid     Senin, 16 April 2012
( Dilihat Sebanyak 1054 Kali )



Stadion Mandala Terkenal Angker Bagi Arema. Tetapi Bukan Berarti Tidak Bisa Di Takhlukan.
Stadion Mandala Terkenal Angker Bagi Arema. Tetapi Bukan Berarti Tidak Bisa Di Takhlukan.

Wearemania.net - Jika bermain di Wamena pada Jumat, (13/4) lalu dalam suhu dingin. Maka ketika di Jayapura, udara pantai laut Pasifik yang panas bakal menjadi tantangan tersendiri bagi skuad Joko Susilo. Sebab selama musim ini, belum ada tim yang pernah menang di Jayapura. 2 poin hilang di stadion Mandala adalah ketika Persipura bentrok melawan Persiba dan Persiwa.

Statistik Umum Pertandingan

Dari BMG, diperoleh informasi jika suhu Jayapura akan berkisar 26-27 derajat celcius. Sebuah suhu yang sebenarnya sangat normal untuk ukuran daerah di Indonesia. Masalahnya, di Malang suhu tersebut tergolong panas sehingga perlu adaptasi khusus. Namun, adaptasi di suhu panas tidak sesulit di daerah dingin. Butuh kondisi fisik yang prima serta banyak minum air maka aklimatisasi suhu panas bukan masalah bagi pemain profesional.

Jika suhu panas sudah tidak menjadi kendala. Maka yang menjadi kendala adalah rekor Persipura selama bermain di stadion kebanggaanya, Mandala Jayapura.

Catatan statistik mengatakan selama 10 kali main, Persipura menang delapan kali dan imbang dua kali. Poin yang diraup di kandang sebenarnya masih kalah dengan Sriwijaya dan Persiwa. Namun khusus Arema, Jayapura adalah tempat yang sulit ditakhlukan karena sang empunya rumah punya rekor 100% sejak Liga Indonesia diputar pada tahun 1994.

3 Pertandingan Terakhir ISL Di Jayapura

Sebaliknya, Arema bersama PSAP Sigli adalah dua tim yang meraih poin paling sedikit selama berlaga di kandang lawan. Arema memperoleh poin dua hasil dua kali imbang melawan Deltras Sidoarjo dan Mitra Kukar.

Celah Gol Di Awal Babak Pertama.

Namun Persipura bukan lah tim yang tidak bisa dikalahkan. Dengan hanya 4 kali cleansheet. Sejatinya tim ini punya masalah di sektor pertahanan. Jika selama rentang menit 1-90 dibagi menjadi 6. Maka akan terdapat menit 31-45 yang membuktikan kehebatan pasukan Jacksen Tiago dalam mencetak gol. Sebaliknya, menit rawan Papua ada di menit 46-60 yang merupakan tempat dimana gawang mereka banyak jebol.

Catatan Gol Menit Per Menit

Bagi Arema, rentang menit 46-60 adalah situasi paling banyak mencetak gol bagi tim berjuluk Singo Edan ini. Ada tujuh gol atau sekitar 35% gol Arema dibuat di menit ini termasuk gol Firmansyah Aprillianto ketika pertemuan pertama lalu.

Joko sendiri mengaku Persipura adalah lawan yang berat. Namun dia sudah mengingatkan untuk tidak silau dengan rekor masa lalu karena pertandingan Arema Vs Persipura juga tidak ada hubungannya dengan hasil pertandingan di tahun-tahun sebelumnya.

Manfaatkan celah Jok....


Gunakan tombol ← → di keyboard Anda untuk berita lainnya














Kecenk terus menunjukkan permainan agresif, di ujicoba ketiga Arema, dia sukses mencetak gol. Hal ini membuat sang pemain membuat empat gol dari tiga laga ujicoba Arema (Foto: Abi Yazid)