Konsep Liga Merah Putih, Arema Degradasi

Ditulis Oleh We Aremania     Kamis, 20 September 2012
( Dilihat Sebanyak 3737 Kali )



Tim Arema Indonesia Musim Lalu Ada Di Peringkat 12 (Foto: Apry Aje)
Tim Arema Indonesia Musim Lalu Ada Di Peringkat 12 (Foto: Apry Aje)

Wearemania.net - Pertemuan Joint Committee (JC) yang akan dibahas hari ini (20/9) di Kuala Lumpur, akan menentukan nasib dua tim Jatim yang musim lalu berlaga di Liga Super Indonesia (SLI), yakni Persegres Gresik United dan Arema.

Salah satu wakil PSSI di JC, Saleh Ismail Mukadar, mengatakan, pihaknya bakal mengusung wacana untuk merombak kompetisi musim depan dengan jalan tengah. Artinya, tetap akan ada dua liga (LSI dan LPI), namun keduanya di bawah kendali PSSI.

Kompetisi baru ini akan diberi nama Red and White League, di mana akan ada dua liga, seperti halnya Liga Indonesia periode 1990-an, yang memakai format Wilayah Timur dan Barat.

Bedanya, pada kompetisi musim depan, satu wilayah diikuti oleh tim-tim LSI, dan wilayah lainnya diikuti oleh tim-tim LPI.

"Kami akan memakai Red and White League agar lebih netral. Dua kompetisi ini akan berada di bawah kendali PSSI sebagai federasi resmi. Tetapi tidak akan terus berjalan dua kompetisi. Tahun berikutnya akan kami gabung," jelas Saleh saat dihubungi, Rabu (19/9) malam.

Yang menarik, menurut Saleh, mereka yang berhak ikut kompetisi anyar ini adalah tim berperingkat sepuluh besar di masing-masing liga (LSI dan LPI). Di luar itu, otomatis akan terdegradasi ke Divisi Utama.

Bila hal ini jadi terwujud, maka Persegres dan Arema LSI akan turun kasta. Sebagai catatan, Persegres musim lalu finis peringkat 15, sementara Arema peringkat 12.

Wacana ini kemungkinan besar memang akan mendapat tantangan alot dari kubu KPSI, yang notabene pengusung kompetisi LSI. Namun wacana Red and White League ini sudah diakui AFF (Federasi Sepakbola Asean).

Dalam situs resmi mereka, AFF berharap Red and White League bakal menjadi jalan tengah untuk kisruh dualisme kompetisi di Indonesia.

Bahkan, situs resmi AFF mengutip pernyataan CEO LPIS, Widjajanto, yang mengklaim bahwa ia sudah mendiskusikan wacana kompetisi baru ini dengan CEO PT Liga Indonesia (LSI), Joko Driyono. (Tribun)


Gunakan tombol ← → di keyboard Anda untuk berita lainnya














Auman Samsul terus berlaku di babak delapan besar, saat melawan Persipura, dia mampu lesakkan dua gol untuk bawa Arema menang 3-0. Terus mengaum Samsul!

 


Login