ALAMAK - Nilai Arema Dikurangi Tiga Poin Oleh FIFA

Reporter : Yahya Anshori
Gonzales Harus Berjuang Di Raja Ampat (Foto: Abi Yazid)

Wearemania.net - Kepastian menyambut poin tiga dari Persidafon Dafonsoro berubah. Ya, PT Liga Indonesia kini mengurangi poin Arema di kompetisi Indonesia Super League [ISL] menjadi 63 dari asalnya 66.

Dikutip dari situs resmi Liga Indonesia, keputusan ini didasarkan surat PSSI nomor 1825/UDN/1017/IX-2013 tertanggal 10 September 2013 tentang implementasi Keputusan Komisi Disiplin FIFA serta circulars dari FIFA. Dalam surat tersebut, diterangkan bahwa Arema Indonesia dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin FIFA terkait permasalahan pemain atas nama Jean Landry Poulangoye (Perancis) berupa denda sebesar CHF. 5000 serta hukuman tambahan berupa penngurangan 3 poin terhadap Arema Indonesia yang harus segera dijalankan karena Arema belum membayar denda yang telah diputuskan tersebut.

Kondisi ini menyebabkan Arema mau tidak mau harus menjalani hukuman pengurangan tiga poin. Bahkan Arema bisa terkena pemaksaan turun level andai denda CHF5000 tidak dibayar.


Landry bermain di Arema (Foto: Ongisnade)

"Kita memang harus mengimplementasikan hal ini, karena sebagai konsekuensi apabila PSSI tidak menjalankan hal tersebut, maka FIFA akan memberikan hukuman kepada Indoensia berupa tidak dapat ikut serta dalam seluruh kompetisi FIFA," kata Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia.

Landry sendiri adalah sosok pemain Arema di tahun 2010. Dirinya dipecat sebelum musim memasuki separuh karena permainan jelek. Karena itulah, sosok pemain Prancis ini melaporkan Arema kepada FIFA. Usai tiga tahun, kasus ini baru tertangani oleh FIFA.

Sementara itu, dalam susunan klasemen resmi ISL, nilai Arema sudah diubah dari 66 menjadi 63.

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (24/9/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 3
Liga 1 - Stadion Aji Imbut Tenggarong (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya