Player Review: Purwaka Yudhi | Sempat Terkendala Cedera

Reporter : Agung Prima

Wearemania.net - Penampilan Purwaka Yudhi di sepanjang musim Indonesia Super League (ISL) 2014 lumayan konsisten. Andai tak terkendala cedera berkepanjangan di putaran pertama, mungkin performa bek tengah itu lebih baik lagi.

Ini merupakan penampilan keduanya bersama Arema setelah dipulangkan ke "kandang singa" pada musim 2012-2013 lalu. Total 1506 menit dibukukannya dalam 18 pertandingan bersama skuat Singo Edan.

Musim ini pemain asli Lampung tersebut baru turun sebagai starter di laga kedua kala Arema menghajar Persik Kediri 5-0. Baru empat laga, Purwaka terpaksa harus tumbang dan absen di kandang Persib Bandung.

Kurang lebih tiga bulan Purwaka harus menjalani perawatan dan pemulihan cedera. Bahkan pemusatan latihan (TC) Arema ke Yogyakarta, dilaluinya dengan latihan khusus bersama tim dokter.

Baru saja dicoba dimainkan oleh tim pelatih di laga kandang menjamu Gresik United selama 12 menit, defender 30 tahun itu kembali cedera. Alhasil, eks Detras Sidoarjo itu kembali absen dalam tiga laga.

Meski berpostur tak terlalu ideal sebagai pemain belakang, namun Purwaka tergolong bek taktis yang lebih mengandalkan otak daripada otot. Makanya, pemain tim lawan sering mengincarnya untuk sengaja dicederai.

STATISTIK ISL 2014
Menit Bermain : 1506 Menit
Main : 18 kali
Cadangan : 5 kali
Pengganti : 2 kali
Diganti : 1 kali
Gol : -
Kartu Kuning : 2 kali
Kartu Merah : -
STATISTIK AFC Cup 2014
Menit Bermain : 180 Menit
Main : 2 kali
Cadangan : 1 kali
Pengganti : -
Diganti : -
Gol : -
Kartu Kuning : -
Kartu Merah : -
MOMEN TERBAIK

Kemenangan Arema 1-0 di kandang Pelita Bandung Raya menjadi momen terbaik Purwaka Yudhi sepanjang musim 2014 lalu. Sebab, pertandingan itu merupakan laga come-back bertinggi 169 centimeter tersebut.

Dalam laga yang berlangsung keras itu, Purwaka sukses mengawal pertahanan Arema selama 2x45 menit. Untuk pemain yang baru sembuh dari cedera, penampilannya itu layak diacungi jempol.

MOMEN TERBURUK

Laga semifinal antara Arema kontra Persib Bandung menjadi momen terburuk Purwak Yudhi sepanjang musim 2014. Meski bukan sepenuhnya kesalahan Purwaka, tiga gol Maung Bandung tercipta karena kurangnya koordinasi di lini belakang.

KOMENTAR AREMANIA

Saya lebih suka melihat duet Purwaka dengan Igbonefo, karena keduanya bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. Victor sebagai jago duel udara, sedangkan Purwaka dengan kecepatannya mampu menutup kelambanan duetnya. Semoga musim depan mereka bisa lebih kompak lagi dalam menjaga pertahanan Arema. - Melody (Aremanita Uyades)

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

1 - 5
Final Piala Presiden 2017 - Stadion Pakansari Cibinong Bogor
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 2
Semifinal Piala Presiden 2017 - Stadion Kanjuruhan Malang
Hasil Selengkapnya