Player Review: Alberto Goncalves | Sayang Sudah Hengkang

Reporter : Afdholud Dzikry

Wearemania.net - Alberto Goncalves adalah salah satu pemain pertama Arema yang diperpanjang secara cepat musim lalu, usai Indonesia Super League [ISL] 2013 berakhir, Arema langsung memperpanjang Beto sebelum dia pulang menjalani liburan di Brasil.

Musim ini, Beto menjadi tumpuan di lini depan Arema, berbeda dengan musim lalu yang diduetkan dengan Gonzales dengan Greg Nwokolo dan Kayamba Gumbs yang bergerak melebar. Beto musim ini memerankan tugas melebar. Dia diperbolehkan menguasai bola lebih lama untuk menggiring dan meliuk-liuk melewati beberapa pemain. Tugasnya adalah memecah konsentrasi lawan dengan sesekali memanfaatkan situasi bagus untuk mencetak gol.

Karena memang kebanyakan pemain Brasil punya style membawa bola. Hadirnya Beto selalu menimbulkan kesulitan tersendiri di lini belakang lawan. Bahkan tidak jarang diperlukan dua orang untuk memberikan pengawalan kepadanya. Saat dia terkawal, Beto selalu bisa saja berkelit untuk lolos. Jika lolos, biasanya pilihannya ada dua, menembak ataupun mengumpan. Namun, karena dia kebanyakan memilih mengumpan karena memang posisinya selalu sulit.

Apa yang disajikan Beto selama 26 pertandingan yang dijalaninya sudah sangat bagus. Bahkan aksinya membantu rekannya dalam mengumpan dari seatinya adalah goal getter utama membuat produktivitas golnya selama dua musim menurun. Jika di musim kompetisi 2011/12 dia berhasil menjadi topskor. Maka musim 2013 dan 2013 jumlah golnya masing-masing adalah 12 dan 14.

"Semua orang tahu kualitas saya, saya sebenarnya adalah goalgetter dan pencetak gol. Namun, jika tim memberikan saya untuk bermain melebar, saya siap menjalaninya karena saya adalah pemain profesional. Bagi saya gol adalah nomor dua karena kemenangan yang diraih oleh Arema menjadi nomor satu. Saya tidak masalah tidak bisa mencetak gol, asal Arema menang karena memang posisi saya tidak untuk itu," kata Beto mengomentari seretnya gol di Arema.

Sayang, aksi meliuk gaya samba yang diperlihatkan Beto selama dua musim tidak bakal dinikmati oleh Arema lagi, usai kompetisi berakhir. Beto berpamitan kepada manajemen Arema untuk pergi. Sebagai pemain dia ingin mencoba tantangan baru yang kali ini tawaran itu datang dari Malaysia.

"Saya ingin mencoba tawaran baru ke liga lain, sebenarnya ada tim di ISL yang ingin mengontrak. Namun, saya ingin pengalaman baru. Di Malaysia nanti saya akan memulai hari baru yang bisa jadi sama saat saya pertama datang ke Indonesia," urainya.

Selain punya skil bagus. Beto juga bukan pemain yang nakal, dia juga jarang melakukan protes kepada wasit dengan sangat keras. Tidak heran kartu kuning yang diterima hanyalah satu kali saja. Lebih jauh lagi, selama bermain sebanyak 121 kali di Liga Indonesia, Beto hanya mendapatkan enam kartu kuning saja.

STATISTIK ISL 2014
Menit Bermain : 2144 Menit
Main : 26 kali
Cadangan : 1 kali
Pengganti : 1 kali
Diganti : 10 kali
Gol : 12 gol
Kartu Kuning : 1 kali
Kartu Merah : -
STATISTIK AFC Cup 2014
Menit Bermain : 576 Menit
Main : 7 kali
Cadangan : -
Pengganti : 3 kali
Diganti : 1 kali
Gol : -
Kartu Kuning : -
Kartu Merah : -
MOMEN TERBAIK

Beto adalah sosok goalgetter sejati. Omongan itu memang dia buktikan saat Arema bermain melawan Pelita Bandung Raya. Dirinya diduetkan dengan Samsul Arif di formasi 4-4-2. Hasilnya, dua gol berhasil dia ciptakan untuk memenangkan Arema dengan skor 3-0.



MOMEN TERBURUK

Mencetak gol tapi kalah, ya.. hingga hari ini Beto belum bisa melupakan kekalahan melawan Persib Bandung di babak semi-final. Dia menceritakan adalah hal itu adalah ketidakberuntungan yang harus dia terima sebagai pemain.

"Kami tinggal beberapa saat saja dari pertandingan usai, tapi kebobolan dan kemudian kalah," kata dia.

KOMENTAR AREMANIA

Beto adalah salah satu pemain terbaik di Indonesia, bahkan salah satu yang pernah dimiliki oleh Arema. Sebenarnya dia masih layak satu musim lagi bersama Arema. Namun, dia sudah pamit, dan saya ucapkan semoga dia sukses di Penang - Zaki Klojen

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 - Stadion Segiri Samarinda (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 3
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya