FOTO SPESIAL: Seribu Bendera Birukan Malang Raya

Reporter : Agung Prima
Seribu bendera birukan Malang Raya (C) DANI KW

Wearemania.net - Banyak hal yang biasa dilakukan Aremania untuk merayakan HUT klub kebanggaan mereka, Arema. Salah satunya tentu tradisi kibar bendera raksasa di berbagai wilayah pelosok Malang Raya.

Entah kapan trandisi ini muncul di kalangan Aremania. Yang jelas, setiap tahunnya, kala Arema merayakan ulang tahunnya, maka bendera-bendera raksasa turut hadir menyemarakkan. Bendera-bendera ini biasanya muncul sejak sepekan jelang HUT tiba. Munculnya memang tak serempak, namun sudah cukup menyemarakkan suasana menjelang perayaan ultah Arema.



Bendera-bendera raksasa yang dipasang Aremania itu tak hanya bermunculan di tepi-tepi jalan besar di kawasan Kota Malang. Beberapa lokasi umum, seperti jembatan penyeberangan, perempatan lampu merah, papan reklame, dan lain-lain, biasa menjadi sasaran Aremania menggeber bendera yang mereka miliki. Bahkan, bendera-bendera berukuran lebih dari tiga meter persegi ke atas itu kadang juga muncul di suatu gang sempit di Kota Malang.



Bendera ini selain sebagai simbol perayaan ulang tahun juga sekaligus sebagai ikon Aremania itu sendiri. Entah itu sebagai koordinator wilayah alias korwil, atau pun komunitas yang menyatukan mereka. Tak cukup mengherankan, karena di dalam bendera tersebut biasanya tertuang identitas si pemilik. Misal, logo korwil, komunitas, atau sekedar jargon yang menyatukan mereka.



Tradisi mengibarkan bendera besar-besar ini bukannya tanpa ada tentangan. 'Musuh' yang paling utama tentu Satpol PP setempat yang memiliki kebiasaan 'membersihkan' lingkungan kekuasaan mereka dari sesuatu yang mereka anggap 'sampah', karena dinilai mencemari tata lingkungan. Tak jarang kita dengar ada korwil atau komunitas Aremania yang kehilangan bendera besar yang mereka pasang di tempat umum. Bisa jadi, bendera itu berada di kantor Satpol PP setempat.



Di samping sisi kontroversial tersebut, setidaknya keluarnya beberapa bendera 'keramat' yang biasanya hanya dipasang di tribun stadion saat Arema berlaga itu bisa menjadi pemandangan tersendiri. Bendera-bendera itu semakin membirukan Bumi Arema, sekaligus mempercantik Malang Raya jika memang pemasangannya tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku. Setidaknya, ketika melihat banyak bendera biru berukuran tak lazim terbentang di jalan-jalan, kita bakal diingatkan bahwa kita sedang berada dalam suasana bulan Agustus, di mana warga Malang Raya tak hanya merayakan 17 Agustusan, tapi juga HUT Arema.



Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

0 - 0
Friendly Match - Lapangan Arhanud Karangploso Malang
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 5
Final Piala Presiden 2017 - Stadion Pakansari Cibinong Bogor
Hasil Selengkapnya