Apa Kabar Singa Tegar Kini?

Reporter : Agung Prima
Singa Tegar yang lahir pada tahun 1999 (C) ROFI PAUL

Wearemania.net - Masih ingat dengan singa Afrika bernama Tegar yang jadi maskot Arema di era kepemilikan PT Bentoel? Apa kabarnya setelah enam tahun meninggalkan bumi Arema ke Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), sebuah kebun binatang mini di Kota Probolinggo?

Ya, pada 2010 silam, singa bernama lengkap Tegar Safari itu diserahkan pengelola Taman Rekreasi Sengkaling yang selama ini merawatnya kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) karena tak sanggup lagi merawat. BKSDA kemudian menitipkan Tegar ke TWSL Probolinggo karena dinilai layak.

"Kalau saya lihat, Tegar tidak banyak beraktivitas, kerjaannya hanya tiduran, mungkin karena umurnya yang sudah tua (17 tahun), dia jarang mengaum keras, sepertinya dia sedang batuk. Kalau dibandingkan dengan saat di Stadion Gajayana dulu, sekarang lebih kurusan dan kalau berjalan tak lagi tegap," ujar Rofi Paul, salah seorang Aremania yang memang sengaja datang berkunjung ke TWSL, kepada WEAREMANIA.

Aremania Bululawang itu juga menceritakan, waktu berkunjung, TWSL tampak sedang sepi, karena cuma ada satu pengunjung sekeluarga. Menurutnya, kandangnya kurang bersih, tidak tertata rapi, dan tidak ada petugas satu pun, hanya ada tukang bersih-bersih.

Singa Tegar merupakan hadiah dari mendiang Taufik Kiemas, suami Presiden Megawati kala itu, di musim 2003-2004 yang membuat Arema menjadi satu-satunya klub yang memiliki maskot hewan nyata seperti julukannya, Singo Edan. Setiap Arema berlaga di Stadion Gajayana Malang, Tegar selalu diarak keliling tepi lapangan, yang disambut riuh suara Aremania.

Rofi berharap manajemen Arema, Pemkot, Pemkab Malang, Pemkot Batu, atau dinas terkait berkenan memulangkan Tegar ke Malang, mengingat kondisinya yang sudah menua. Mungkin sang maskot bisa dikandangkan di Taman Rekreasi Kota (Tarekot), Jatim Park, Secret Zoo, atau dibuatkan kandang di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Jujur mungkin bukan saya saja yang kangen Tegar diarak keliling stadion sebelum Arema bermain, Aremania lainnya juga demikian. Saya sadar, mungkin biaya perawatannya tidak murah, namun semoga Tegar bisa kembali ke Malang, sayang kalau mati di Probolinggo," pungkas Rofi.

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 - Stadion Segiri Samarinda (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 3
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya