Arema Ber-KPK

Reporter : WeAremania

Wearemania.net - KPK? Arema? Ada apa dengan KPK? Lalu hubungannya dengan Arema, apa? Apakah Arema diperiksa KPK atau KPK mendukung Arema?

Saat ini salah topik panas pembicaraan tingkat nasional yaitu KPK. Karena DPR hendak mengajukan Hak Angket bagi KPK. Lalu, Arema merupakan suporter kecintaan Kota Malang dan salah satu suporter handal tingkat Nasional.

Nah, apa hubungannya KPK dengan Arema. Salah satu hubungannya bahwa keduanya menjadi pembicaraan tingkat nasional. Keduanya mampu menggerakan sendi-sendi kehidupan, baik aspek sosial, ekonomi dan budaya.

Topik KPK di sini bukan membawa dampak hawa panas, melainkan kesejukan. Kok sejuk?! Ya. Arema Ber-KPK. Fokus pembahasan di sini ialah "KPK" versi Arema. KPK versi Arema bukan ditakuti atau menakutkan, justru sebaliknya, yaitu menginpirasi. Arema, lima huruf-1 kata memiliki berjuta makna. Arema begitu dasyat memicu hal-hal kreatif muncul dari hati, jiwa, dan pikiran. Arema mampu menggerakkan tangan-tangan terampil di dalamnya. Arema mampu membuat jejaring untuk mewujudkan berbagi ide, dan gagasan.

Ide dan gagasan Arema memang diakui sangat tajam, keras, bahkan kasar. Sebagai alasan pembenar karena singa/singo itu berkarakter garang, kasar, maka tidak heran pola tindak, pola perilaku Arema cenderung kasar, bahkan tutur kata. Bahasa Jawa perilaku Arema thas thes, nylekit dalam hal berbicara-sedikit tapi menyakitkan. Lebih jelas lagi ungkapan "omonganmu emphuk koyo telo tapi nyereti".

Itulah sebagian kecil spirit "KPK" versi Arema. Huruf "K" pertama yaitu Kreatif. Potensi Arema begiu besar, energi generasi anak bangsa di bumi Arema tidak terbatas. Kata Arema mampu menggerakan otak kanan-otak kiri sehingga melahirkan hal-hal kreatif, dan baru. Kreatifitas Arema muncul dari dalam ide gagasan, membuat orang lain "geleng-geleng" kepala. Selalu ada hal baru dari Arema. Hal baru tersebut tidak terduga sebelumnya. Salah satu komentar atau label Arema ialah "edan". Kata edan secara positif dimaknai di luar batas normal, idenya gila, atau idenya edan. Kreatifitas Arema jika menggunakan terminologi kekinian yaitu "out of the box".

Huruf kedunya "P" artinya produktif. Produktif dimaknai bahwa Arema tidak hanya banyak ide, atau kreatif gagasannya, tetapi juga mewujudkan, memproduksi, dan menghasilkan. Kreatifitas Arema tidak hanya disimpan, tersimpan dalam pikiran dan benaknya sendiri, melainkan dibagikan, dan diwujudkan. Ini sungguh berharga, yaitu membagikan ide bagi orang lain. Maka tidak heran ketika googling dengan key words "kata-kata supporter Aremania" lalu pilih gambar. Ada ratusan bahkan ribuan, kata-kata ditemukan. Di sini kita tidak membicarakan kata-kata positif atau negatifnya, tetapi membatasi pada produk kreatifitas Arema. Salah satu bukti kuat kreatifitas Arema melalui produk nampak asesoris seperti topi, slayer, tas, sepatu, sandal, jaket, kaos, sweater, kerpus, gantungan kunci, gelang, sprei, selimut, gelang, kalung, helm, bendera, kuliner, boneka, patung, mug, skin laptop, tas laptop, DP sosmed, jumper, stiker, hem, wallpaper, bantal, jam dinding, dan lain-lain.

Huruf ketiga "Kontruktif" artinya bahwa ide, gagasan Arema memiliki konstruksi, atau bagian-bagian. Makna bagian-bagian bahwa proses produksi melibatkan para pihak lain. Artinya, ada keterlibatan pihak lain sesuai kompetensi dalam memproduksi suatu produk Arema. Dari sini nampak jelas pembagian kompetensi di antara jejaring Arema terbangun, dan tersistematis.

Arema ber-KPK tentu nampak jelas dari berbagi hal terkait penegasan indentitas sosial melalui berbagai produk kreatif. Identitas sosial tentu memperkuat jejaring sosial Arema kapan pun di mana pun. Penguatan identitas melalui karya produk merupakan sebagian kecil upaya menginternalisasi spirit, solidaritas, dan sedeluran sosial.

Tampaknya, Pemkot Malang yang membaca peluang dan potensi Arema, menunjuk dan meresmikan Pencanangan Kampung Arema bersama Wali Kota Malang, H. Moch. Anton, Minggu (20/3/2016). Harapannya dapat menggerakkan roda ekonomi kreatif kota Malang. Aneka potensi Arema ber-KPK perlu terus digulirkan, didorong, dan disebarkan agar supaya daerah lain pun merasakan manfaat ber-KPK yaitu Kreatif Produktif Kontruktif.


Englebrtus K Widijatmoko, M. Pd
Dosen Universitas Kanjuruhan Malang
Menempuh studi S3 Universitas Negeri Semarang

 

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion 17 Mei Banjarmasin (18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

3 - 0
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (15.00 WIB)
Hasil Selengkapnya