Arema Mbois Mbois, Ker!!

Reporter : WeAremania
Arema mbois looop! (C) AKAIBARA

Wearemania.net - Mbois. Satu kata memiliki berjuta makna. Mbois ketika dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak diketemukan, karena kata mbois memang bukan Bahasa Indonesia. Kata mbois merupakan bahasa lokal Malangan.

Kata mbois sendiri memiliki makna sesuai perspektifnya. Mbois pada perspektif fisik (postur tubuh) artinya postur tubuh proporsinya, tinggi badan, bentuk tubuh. Seperti bahasa Ngalaman "idob e mbois". Artinya, bentuk badannya bagus.

Kata mbois pada perspektif fashion/pakaian maknanya pemilihan mode pakaiannya tepat. Dipandang indah, unik tapi menarik. Bisa juga mode pakaian tidak umum tapi pantas dikenakan. Seperti, "Sam, klambimu mbois". Artinya, pakaian yang dikenakan menarik.

Kata mbois pada perspektif ide, pemikiran, dan gagasan, artinya ide, gagasan dan pemikirannya tidak ditemukan pada pemikiran orang lain. "Idemu mbois", makna sesuai nilai-nilai dan norma sosial, sesuai aturan hukum, tidak mengandung SARA, atau tidak memenuhi unsur pornografi. Ide mbois merupakan hasil pemikiran berdasar perspektif lain atau baru. Bahasa ilmiahnya otentik atau orisinil. Ide mbois muncul tatkala orang lain mengalami kemacetan ide atau kebuntuan pemikiran, tahu-tahu muncul pemikiran cerdas, dan brilian.

Kata mbois pada perspektif praktik/tindakan/perilaku. Perilaku mbois diartikan bahwa tindakan seorang/kelompok tidak lazim, atau tidak umum. Biasanya, cenderung dinilai aneh. Orang/kelompok lain tidak mau, enggan melakukan, berbuat, atau berperilaku demikian. Perilaku mbois bermakna memiliki dampak kemanfaatan, kegunaan, bagi orang lain, kelompok bahkan ber-impact pada kepentingan publik.

Uraian di atas masih pada ranah fenomena, tampak, kasat mata. Belum lagi arti kata mbois berdasar perspektif nomena, tidak kasat mata, yaitu perasaan, pengalaman dan lain-lain. Satu arti kata mbois pada perspektif nomena. Seperti, "Sam, aku mau oleh pengalaman mbois" (saya tadi mendapatkan pengalaman sungguh luar biasa). Makna pengalaman mbois, yaitu pengalaman tidak terlupakan, pengalaman penuh unsur spiritual.

Arema Mbois Mbois ker!!, sengaja dipilih sebagai bentuk penguatan karakter kera kera ngalam. Kedua, sebagai bentuk dorongan agar terus berproses cara pandang, pola pikir dan tindakan . Arema Mbois tidak cukup hanya disuarakan  bahkan diteriak-terikan tetapi sudah saatnya diwujudkan.

Perwujudan Arema Mbois melekat unsur latar (BESS) yaitu latar budaya, latar ekonomi, latar sosial dan latar simbolik. Arema Mbois memiliki unsur-unsur seperti berikut.

Malang merupakan salah kota di Indonesia. Ciri khas Kota Malang, salah satunya adalah suporternya. Suporter Aremania, namanya. Ketika mengetik di google key word suporter Aremania. Maka ditemukan berbagai perilaku suporter Aremania. Ada perilaku asosiatif (menyatukan), ada perilaku dissosiatif (memecah belah).

Butuh merupakan satu tingkat di atas ingin. Artinya butuh lebih menekankan sangat ingin atau sangat mengharapkan. Berharap bingit. Saya ingin makan, artinya masih bisa ditunda beberapa saat. Saya ingin baju baru, artinya beli baju bisa dicancel beberapa waktu.  Berbeda sangat dengan "butuh." Butuh itu derajat kebutuhannya mendesak atau penting untuk dipenuhi. Maka "butuh" mengandung pengertian penting atau mendesak.

Orisinalitas. Biasa dikatakan "ORI." ORI sering diungkapkan oleh kera Ngalam untuk kualitas asli (bukan kawe) produk tertentu. Bukan jiplakan, bukan palsu, bukan pula hasil plagiat. Orisinal tentunya memiliki daya tarik tersendiri, karena belum ada, masih satu-satunya, yang lain belum punya. Untuk itu, cari dan temukan yang orisinil, atau otentik.

Ide merupakan hasil pemikiran. Ide memang abstrak tidak berwujud. Ada sebagian orang lebih mementingkan ide terlebih dulu, kemudian bertindak mewujudkannya. Aliran ini memang lebih mementingkan kekuatan imajinasi, mengkonsepkan, merancang dan memproduksi. Namun aliran lain, yang ada, yang nampak, material yang ada lalu berproses ide, untuk dibuat apa. Aliran ini memang lebih mendayagunakan, memanfaatkan material lokal di sekitar. Kemudian diproses idenya dibuat apa. Setiap aliran memiliki kelebihan dan kekuranganya, tetapi penguatan lebih pada kekuatan ide. Suporter bukanlah "benda mati", melainkan benda hidup. Mengapa? Karena suporter merupakan kumpulan manusia. Tentu bukan hanya sebatas manusia berkumpul. Hal mendasar pembeda manusia berkumpul dengan binatang berkumpul bahwa manusia berkumpul memiliki kesamaan kesadaran untuk saling memenuhi kenutuhan demi tujuan bersama, binatang berkumpul sebatas naluri/insting bertahan hidup. Ketika suporter berkumpul bukan sebatas berkumpul teriak-teriak, memaki wasit, memprovokasi pemain lawan, melempar botol, dan lain sebagainya. Suporter seperti itu wes gak mbois ker. Itu kategori suporter jadul, sedangkan suporter modern memiliki cara pandang, pola pikir, tindakan, apakah tindakanku menyenangkan diriku tapi merugikan tim atau tidak?

Penutup
Arema Mbois-mbois ker!! Hendak dimaknai, atau ditempatkan pada posisi mana? Pujian, bahwa Arema mendapat pujian, ataukah mau ditempat sebagai status sosial bahwa Arema Mbois. Ataukah, mau ditempatkan sebagai label percaya diri. Ataukah yang mana?

Jika diposisikan sebagai pujian bukankah membuat kecenderungan sikap dan perilaku besar kepala. Jika diposisikan sebagai status sosial bukankah membuat Arema bersikap dan berperilaku berjarak dengan suporter lainnya, bahkan dengan lingkungan sosialnya. Namun jika diposisikan sebagai label percaya diri, bukankah membuat sikap perilaku sombong.

Lalu, Arema Mbois-mbois ker!! diposisikan di mana? Bukankah Arema adalah arena. Arena abstrak tempat berjuang untuk terus belajar, berkarya dan berbagi secara kreatif, produktif dan kontruktif bagi Kota Malang, Negara Republik Indonesia dan dunia. Arema Mbois itu "think globaly-act localy".


Ditulis oleh:
Engelbertus K. Widijatmoko, M. Pd
Dosen Universitas Kanjuruhan Malang
Sedang studi S3 Universitas negeri Semarang

 

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (24/9/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 3
Liga 1 - Stadion Aji Imbut Tenggarong (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya