Efek Esteban Vizcarra atau Berhasilnya Trik Recovery?

Reporter : WeAremania
Esteban Vizcarra masuk di babak kedua dan mengubah permainan (C) DANI KW

Wearemania.net - Ada dua hal menarik yang melatarbelakangi kemenangan 3-2 Arema FC atas Sriwijaya FC di pekan ke-13 Liga 1 (7/7/2017) lalu. Selain keberhasilan tuan rumah mengamankan tiga poin di Stadion Kanjuruhan Malang, ada comeback-nya Esteban Vizcarra dan pola latihan yang sedikit berbeda dari biasanya.

Skor 3-2 memang tidak bisa dibilang hasil yang memuaskan, namun bukan pula hasil yang buruk, karena nyatanya kemenangan itu yang membawa Arema kembali ke papan atas. Jika melihat prosesnya, tentu sebuah apresiasi layak diberikan untuk para penggawa Singo Edan. Bagaimana perjuangan Johan Farizi dkk di atas lapangan hijau terpampang jelas dari kejar-mengejar perolehan gol.

Tak ada yang menyangkal gol pembuka skor oleh penyerang gaek Arema, Cristian Gonzales di menit 31 membangkitkan semangat ribuan pasang mata di tribun stadion. Sayang, penghujung babak pertama, hukuman penalti dari wasit Nusur Fadhila menghancurkan semangat dan mengubah papan skor menjadi 1-1 saat Beto Goncalves mampu membuat gol.

Demi meningkatkan ketajaman taring Singo Edan, pelatih Aji Santoso memasukkan Esteban Vizcarra di menit 50 menggantikan Ferry Aman Saragih. Niat menambah amunisi serangan itu tampak lantaran secara individu pun pemain asal Argentina itu punya keunggulan lebih. Namun, keputusan ini sepertinya sedikit berbau perjudian mengingat kondisinya yang belum fit 100 persen. Fokus menyerang, lini belakang Arema justru kecolongan. Petaka itu menghampiri Arema di menit 57 saat Beto mencetak gol keduanya yang membawa SFC berbalik unggul 1-2.

Masalah itu disinyalir lantaran kebocoran sistem block defense. Sistem ini adalah sistem di mana kesalahan seorang pemain dalam mengantisipasi bola ditutup oleh teman yang lain, dan seterusnya. Hampir 90 persen sistem block defense Arema berhasil, sayang 10 persennya yang kurang rapi membuat gawang yang dijaga kiper Kurnia Meiga kebobolan dua gol.

Sejak masuknya Vizcarra pun, tim pelatih sejatinya menyiapkan seorang penyerang lagi, yakni Dedik Setiawan. Penyerang muda yang sejauh ini mengoleksi tiga gol itu bahkan sempat melakukan pemanasan di belakang bench pemain Arema. Namun, Dedik batal dimasukkan, setelah timnya berhasil mencetak dua gol langsung yang diborong Dendi Santoso di menit 62 dan 69. Aji kemudian memasukkan Arif Suyono menggantikan sang pencetak dua gol tersebut di menit 75. Masuknya pemain yang akrab disapa Keceng itu tampak jelas untuk membuat penyerangan tim lebih stabil di sisi sayap, karena kondisi stamina Dendi mulai menurun dan Vizcarra pun belum fit 100 persen. Alamak, belum genap semenit, winger senior tersebut malah diganjar kartu kuning.

Sementara pergantian pemain ketiga Arema cuma sekedar untuk membuang waktu di saat posisi sudah unggul. Benny Wahyudi dimasukkan menggantikan Syaiful Indra Cahya yang tampak menahan sakit di kakinya.

Selain efek masuknya Vizcarra yang mengubah permainan Arema di babak kedua, pola latihan persiapan sebelum berlaga melawan Sriwijaya FC juga jadi kunci kemenangan. Persiapan menjamu Laskar Wong Kito ini tergolong super singkat. Sehari setelah bermain imbang 0-0 di kandang PS TNI (3/7) keesokan harinya, skuat Singo Edan yang sudah tiba di Malang langsung melakoni recovery training. Tercatat, Aji cuma punya waktu Selasa, Rabu, dan Kamis untuk menyiapkan tim semaksimal mungkin. Tak heran jika dicapai kesepakatan dengan pemain, bahwa tak ada libur di H-1 laga, seperti biasanya. Sebagai gantinya, mereka harus menjalani sesi latihan dengan intensitas rendah, dan cenderung penuh dengan materi having fun.

Program latihan lain dari biasanya itu merupakan salah satu upaya dari tim pelatih yang berusaha keras mengembalikan kondisi dan permainan penggawa Arema, meski mereka belum fit 100 persen dengan padatnya jadwal. Namun, yang terpenting sudah ada peningkatan secara pemainan, juga semangat bertanding. Sepertinya taktik akal-akalan ini tetap dipakai tim pelatih untuk menyiapkan tim jelang menantang Persegres Gresik United di pekan ke-14 di mana waktu recovery-nya kurang lebih sama. Semoga berhasil! Aamiin.

 

Ditulis oleh: Abah Ongis

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (24/9/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 3
Liga 1 - Stadion Aji Imbut Tenggarong (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya