Wow, Aremania Wagir Ini Buat Maskot Arema dari Batang Korek

Reporter : Agung Prima
Miniatur Singo Edan dan Alun-alun Tugu karya Khilmi (C) AKAIBARA

Wearemania.net - Siapa saja dijamin takjub melihat koleksi miniatur yang terbuat dari batang korek karya Khilmi Ardiansa. Yang terbaru, Aremania Wagir itu membuat miniatur seekor singa yang merupakan maskot Arema FC.

Pria asli Malang kelahiran 31 Juli 1982 itu memang sejak lama menggeluti dunia karya seni dari batang korek kayu, tepatnya di tahun 1998. Namun, Khilmi mengaku baru-baru ini terinspirasi membuat miniatur yang berhubungan dengan Arema, klub kebanggaan Arek Malang.

Sebelumnya, Khilmi sudah membuat puluhan karya berupa miniatur action figur, bangunan ikon dunia, dan bangunan khas Kota Malang, seperti Alun-alun Tugu dan Balai Kota. Karya ini semua digarapnya di kediamannya di Perum Pondok Mutiara, Pandan Landung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

"Sebenarnya ini bentuk macan yang saya bikin 10 tahun lalu, sempat terbengkalai, baru jadi kepala dan badannya saja, akhirnya saya rekonstruksi lagi, makanya ada perbedaan warna dengan batang korek yang lama yang warnanya lebih gelap," ujar Khilmi pada WEAREMANIA.

Khilmi menjelaskan, untuk menghasilkan karya yang dinamainya Singo Edan berbobot satu kilogram tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu. Tak kurang dari 200 kotak batang korek dan sekaleng lem kayu dihabiskannya.

Pria satu istri, dan dua anak itu pernah diundang ke Jakarta untuk tampil dalam sebuah acara talkshow di televisi swasta nasional yang dipandu Deddy Corbuzier. Sayangnya, kala itu miniatur Singo Edan-nya ini belum berwujud, sehingga tak sempat dipamerkan di layar kaca.

"Kesulitannya adalah membuat detil lekukan tubuh singa, meskipun terlihat sepele, tapi harus bisa tampak semirip mungkin dengan aslinya, terutama untuk rambutnya yang terurai, tapi semua kesulitan itu adalah tantangan, sejauh ini teratasi, tak jarang saya bongkar lagi, lalu saya pasang lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal," imbuhnya.

Pria 36 tahun itu menegaskan karya-karyanya ini cuma sekadar untuk koleksi pribadi pelepas rasa lelahnya usai bekerja seharian, terutama yang berukuran besar. Hanya saja, Khilmi tetap membuka peluang bagi siapa saja yang ingin memesan miniatur dari batang korek padanya.

"Kalau di luar negeri karya seperti ini mahal sekali, tapi kalau saya pribadi belum bisa mematok berapa harganya, makanya karya saya tidak dikomersilkan, tapi kalau ada yang memesan, budgetnya cocok ya saya kerjakan," pungkasnya.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

 

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

2 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Teladan Medan - 26/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

4 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 22/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya