Aksi Pelangi Olga Atasi Trauma Healing Lombok

Reporter : Agung Prima
Aksi Pelangi Olga di Lombok (C) SUCI

Wearemania.net - Bencana gempa yang menimpa Lombok, turut membuat banyak pihak menunjukkan kepedulian, untuk membantu kembali membangkitkan pulau yang terkenal dengan keindahan wisata pantainya tersebut. Tidak hanya melalui uluran bantuan seperti uang atau barang, namun masyarakat Lombok yang terdampak gempa juga membutuhkan bantuan untuk memulihkan semangat dan menghilangkan mereka dari trauma bencana, yang merenggut harta hingga beberapa juga harus kehilangan keluarga. Karena hal itu pula, tim Pelangi Olga, yang terdiri dari kumpulan beberapa wartawan olahraga di Jawa Timur terjun ke beberapa wilayah di Lombok, untuk turut serta dalam pemulihan, melakukan kegiatan trauma healing di beberapa lokasi.

Kegiatan Trauma Healing dari Pelangi Olga untuk Lombok Bangkit tersebut berlangsung 25-28 September 2018 lalu. Lima titik lokasi didatangi, mulai dari Dusun Senggigi, Kecamatan Batulayar, dan SDN 2 Sandik, Pucangsari, Desa Sandik, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat. Selain itu, Tim Pelangi Olga juga wilayah yang kondisinya memprihatinkan di Lombok Utara. Yakni ke Dusun Lokok Bengkok Desa Persiapan Segara Katon, Kecamatan Gangga, lalu ke Ponpes Assyafi'iyah, tempat Sekolah Darurat di Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, dan terakhir menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Yakin, di Dusun Kecinan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang.

Tiga perwakilan Pelangi Olga yang berangkat antara lain Stenly Rehardson, Suci Rahayu dan Yona Arianto. "Kami ke lima lokasi. Mulai hari pertama, di Desa Senggigi, lalu ke Lombok Utara di dua hari berikutnya, baru terakhir di SDN 2 Sandik," ujar salah satu wartawan, Suci Rahayu.

Menurut dia, Tim Pelangi Olga datang ke Lombok memang tidak berfokus menyerahkan bantuan saja. Namun, lebih memilih memberikan pemulihan trauma, terutama kepada anak-anak. Mereka yang seharusnya masih menikmati masa sekolah dan bermain, tentunya membutuhkan support agar bisa kembali bersemangat.

"Kalau bantuan, mungkin banyak lembaga, atau pemerintah bisa memberikan bantuan seperti makanan atau uang. Tetapi kami ingin, dengan basic kami sebagai wartawan, mungkin mengajak untuk bermain olahraga seperti bulutangkis, atau sepak bola. Kami juga sekadar bermain tebak-tebakan dan mengajak mereka bernyanyi," ungkapnya.

Menurut dia, materi yang diberikan pun dadakan, melihat bagaimana kondisi anak-anak atau warga sekitar. Melihat bagaimana kebutuhan mereka. "Misalkan kami datang di tempat masjid darurat tempat pendidikan Alquran, yang kami berikan juga tebakan seputar materi mereka mengaji. Lalu, ketika melihat anak-anak suka olahraga, kami ajak bermain bulutangkis,"  tambahnya.

Tim Pelangi Olga lega, karena kedatangan di Lombok juga diterima dengan bagus. Anak-anak dan orangtua, diakuinya terhibur, meskipun dalam setiap kunjungan durasi kedatangan hanya 2-3 jam. 

"Ini menjadi pengalaman luar biasa. Dan kami berterima kasih kepada banyak pihak yang mendukung kegiatan ini. Terutama para pemain sepak bola yang turut memberikan bantuan dana demi kegiatan kami," terang dia.

Beberapa pemain dan klub terlibat dalam berdonasi tersebut seperti Bayu Gatra, Andik Vermansyah, Nelson Alom, Dedik Setiawan, Samsul Arif, Arif Suyono, Dedik Setiawan, Hendro Siswanto, Fahmi Al Ayubi, Guntur Triaji hingga klub seperti Persela. Selain itu, ada pula agen pemain seperti Gabriel Budi hingga pihak media Striker.Id dan Malang Post. Tim Pelangi Olga pun mendapatkan support dari PT Dharma Lautan Utama, yang memberikan fasilitas penginapan selama di Lombok dan juga pihak produsen boneka Kota Malang, Istana Boneka.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

2 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 09/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Sultan Agung Bantul - 02/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya