Aremanita Ini Ingin Chant Rasis Hilang dari Kandang Arema

Reporter : Agung Prima

Wearemania.net - Kerapnya terdengar chant bernada rasis dan ujaran kebencian di Stadion Kanjuruhan Malang kala Arema FC menjalani laga kandang rupanya menyita perhatian Tika Andriani. Aremanita asal Pagelaran itu ingin chant-chant demikian segera dihilangkan dari kandang singa.

Diakui atau tidak, menurutnya chant-chant bernada rasis dan ujaran kebencian itu tak punya efek positif bagi para penggawa Singo Edan yang sedang bertanding di lapangan. Justru, hal semacam itu banyak negatifnya.

"Miris sekali, bukannya tujuan suporter datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan, apalagi jika yang dihujat dalam chant-chant itu tidak sedang bermain di lapangan, dan menurut saya chant-chant semacam itu malah akan membuat pihak lain menjadi tenar karena sering disebut," kata Tika kepada WEAREMANIA.

Gadis kelahiran 7 Januari 1994 itu menambahkan, chant-chant bernada rasis dan ujaran kebencian bisa merusak moral Arema licek. Sebagai generasi penerus Aremania di tribun kelak, mereka tak selayaknya dicontohi hal-hal negatif, termasuk permusuhan oleh seniornya

"Saya kecewa mendengarkan chant-chant semacam itu, kasihan adik keponakan saya, dia terkontaminasi dengan kata-kata kasar di stadion, dan mungkin tidak cuma dia saja, banyak anak kecil lainnya yang mau tak mau ikut mendengarkan chant-chant seperti itu," imbuh wanita 24 tahun itu.

Bahkan, menurutnya akhir-akhir ini ibu si keponakan terpaksa melarangnya untuk datang ke stadion lagi kala Arema berlaga. Kekhawatiran si ibu akan terkontaminasi kata-kata kasar lah yang menjadi biang keroknya.

"Kasihan, dia tidak bisa neribun lagi, ibunya melarang karena takut ikut-ikut menirukan chant-chant rasis di stadion, karena kanan-kiri sekarang chant-nya seperti itu, apalagi daya ingat anak kecil itu kuat, mereka mudah meniru, pulang-pulang ke rumah saja dia sudah hafal," Tika menambahkan.

Menurutnya, sekarang ini yang terpenting bagaimana carannya Stadion Kanjuruhan ramah bagi anak-anak kecil dan tak ada ketakutan dari para oran tua akan pengaruh chant-chant bernada rasis dan ujaran kebencian. Memang, Tika mengakui sulit sekali jika langsung melarang Aremania memperdengarkan chant-chant demikian.

"Sekarang kembali kepada individu masing-masing saja, saya ke tim kebanggaannya atau tidak, sebab sekarang ada wacana dari PSSI yang akan menghentikan pertandingan ketika terdengar chant semacam itu di stadion, ketika ada sanksi malah merugikan tim kebanggaan sendiri," tambahnya.

Ketika wacana itu diberlakukan, menurutnya siapa tahu ada efek positifnya bagi Aremania. Tika ingin melihat Aremania yang dulu lebih kreatif dengan chant-chant yang ramah terhadap anak-anak kecil yang ikut hadir di stadion.

"Saya yakin chant Aremania tidak cuma itu saja, ketika dilarang memperdengarkan chant-chant bernada rasis dan ujaran kebencian, semoga ide dan kreativitas Aremania tidak berhenti sampai di sini, saya yakin itu," pungkas wanita yang mengidolakan Dendi Santoso tersebut.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

2 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 09/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Sultan Agung Bantul - 02/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya