Cerita Dua Aremanita Licek Perdana Dukung Arema di Stadion

Reporter : Agung Prima
Ayu, Sukma dan ayahnya (C) SUCI

Wearemania.net - Duduk manis di tribun Stadion Gajayana Malang ditemani ayah mereka menyaksikan laga Persekam Metro FC vs Arema FC di Babak 64 Besar Piala Indonesia 2018, Selasa (20/11/2018) sore merupakan hal baru bagi Sekar Ayu Saraswati dan Sukma Ayu Prameswari. Beruntung bagi kedua Aremanita licek ini karena memiliki ibu yang tak asing lagi dengan dunia sepak bola.

Suci Rahayu, ibu dari Ayu dan Sukma, merupakan seorang fotografer salah satu media yang biasa memotret pertandingan sepak bola, terutama Arema, klub kebanggaan kota tempat mereka tinggal. Untuk pertama kalinya, bersama Giantok sang suami, wanita yang akrab disapa Ucie itu membawa dua buah hati mereka ke stadion.

"Tujuannya untuk mengenalkan saja sih, karena sekarang ini di sekolah, mereka sudah mendapatkan pelajaran olahraga, termasuk mempelajari sepak bola, jadi kami ajak ke stadion untuk mengenalkan kepada mereka, kalau tekun bisa jadi atlit, pemain sepak bola," ungkap Ucie kepada WEAREMANIA.

Lagi pula, di rumah, Ayu dan Sukma sudah sering meliat pertandingan sepak bola melalui layar televisi. Menurutnya, sudah saatnya kedua buah hati mengenal langsung seperti apa stadion itu, bagaimana sepak bola itu, bukan cuma dari TV, tapi juga dengan menonton langsung ke stadion, termasuk merasakan sendiri secara langsung seperti apa suasana dan atmosfer pertandingan.

Sejatinya, Ucie sempat merasa khawatir membawa dua putrinya ke stadion, mengingat maraknya chant-chant bernada rasis dan mengandung kebencian yang terdengar dari para suporter. Namun, wanita kelahiran 29 Oktober 1984 itu berusaha meredam kekhawatirannya dengan pendampingan bersama sang suami.

"Namanya juga anak kecil, pasti pikirannya akan merekam semua apa yang didengar, sebagai orang tua tentu tetap harus memberikan pengertian dan mendampingi, diberi tahu saja, misal kalau ada yang bilang anjing (di dalam kalimat chant yang terdengar) dijelaskan itu adalah hewan, jadi tidak bagus mengolok-olok dengan sebutan nama hewan," imbuhnya.

Menurutnya, saat ini suasana tribun stadion sudah nyaman untuk anak-anak, terutama di tribun VIP, di mana Ayu dan Sukma duduk. Karena yang duduk di tribun tersebut biasanya didominasi oleh orang-orang tertentu, maka pengawasan terhadap anak-anak juga lebih mudah, tidak seperti di tribun ekonomi.

Kalau pun ada yang harus dibenahi menurut Ucie adalah fasilitas stadion yang ada di Malang, baik Stadion Gajayana maupun Stadion Kanjuruhan. Baginya, harga tiket VIP dan VVIP yang dijual Panpel (Panitia Pelaksana) pertandingan tidak sebanding dengan fasilitas yang selama ini didapatkan oleh para suporter kelas tersebut.

"Masak 100 ribu duduknya sama seperti tribun ekonomi, hanya beda ada atapnya sama tidak, mungkin bisa dibedakan ya ada kursinya untuk VIP, kalau yang VVIP mungkin kursinya yang lebih empuk lagi, lalu untuk kamar mandi juga perlu dibenahi, karena kadang anak kecil kan tidak bisa menahan untuk ke belakang, sebaiknya tidak jauh-jauh letaknya," imbuh Ucie.

Meski masih terhitung anak-anak, Ayu sang kakak yang berusia delapan tahun (kelas 3 SD) bersama adiknya Sukma berusia 6,5 tahun (kelas 1 SD) masuk ke stadion tetap menggunakan tiket, di mana satu tiket dipakai berdua. Hal itu dilakukan Antok (sang ayah) dan Ucie untuk membiasakan tertib dan bertanggung jawab sejak dini.

Sebagai fotografer, Ucie sebenarnya juga punya misi khusus mengenalkan seni sport fotografi kepada dua buah hatinya. Meski pengenalannya mengalir saja, tapi porsinya untuk sport fotografi mungkin lebih, karena Ayu dan Sukma tentu terbiasa melihat sosok ibunya ketika sedang mengedit foto atau mengetik artikel olahraga di rumah, lalu pamit berangkat kerjanya liputan olahraga.

"Anak-anak senang, karena suasana stadion seru dan ramai oleh nyanyian suporter, paling suka ketika ada yang teriak goool, pokoknya tidak ada rasa kapok untuk datang ke stadion lagi, nanti kalau ada pertandingan lagi yang seru InsyaAlah kami akan mengajak mereka berdua untuk nonton lagi," tegas wanita berkacamata tersebut.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

2 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 09/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Sultan Agung Bantul - 02/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya