Mengenal Aremania Solo, Kumpulan Perantau Alumni Grafika

Reporter : Agung Prima

Wearemania.net - Sebelum ada Aremania Solo sebagai nama resmi korwil Aremania yang ada di Solo, lebih dulu ada kelompok yang menamakan diri mereka Aremania Solo Graphic. Merekalah para perantau yang merupakan para alumni STM Grafika atau sekarang disebut SMK Negeri 4 Malang.

Sejak lama, memang banyak lulusan sekolah kejuruan tersebut yang hijrah ke Kota Solo untuk mengembangkan karier atau pun mencari nafkah. Tak heran jika gampang sekali menemukan Arek Malang di kota kelahiran Presiden RI Joko Widodo tersebut.

Saat berkunjung ke Solo dalam rangka mengawal tim kebanggaan, Arema FC berlaga di babak delapan besar Piala Presiden 2018 menghadapi Sriwijaya FC, WEAREMANIA banyak mendapatkan cerita lawas berdirinya Aremania Solo dari sang Humas, Irfan NH.

"Kebanyakan dari mereka bekerja di pabrik percetakan, jadi setelah lulus dari Grafika mereka mengadu nasib ke Solo, bahkan sampai sekarang ini menikah dan berkeluarga," tutur Irfan ditemui WEAREMANIA di kediamannya.

Cerita berdirinya Aremania Solo Graphic berawal dari sebuah pembicaraan ringan para alumni Grafika di sebuah rumah kost di Solo. Mereka mempunyai harapan ingin sekali membuat ajang kumpul-kumpul bagi nawak sawal (teman lama) dan temu kangen dengan sesama Aremania yang kebanyakan arek-arek Grafika yang sudah kenal atau beda angkatan yang ada di Solo.

Langkah nyata untuk memulai niat reunian itu diwujudkan dengan mencoba-coba bikin kaos Aremania Solo yang ditawarkan dari mulut ke mulut untuk mengetahui seberapa banyak nawak-nawak Aremania yang ada di Solo. Dari 75 potong kaos yang dibuat, hampir 95 persen dipesan oleh para alumni Grafika, 3 persen mereka yang selain alumni Grafika, dan 2 persennya cah Solo yang senang dengan Arema.

Kegiatan mereka berlanjut dengan digelarnya acara Halal Bihalal di kediaman mertua salah satu sesepuh ASG yang akrab disapa Onotramus, yang sudah bertahun-tahun menikah dan sudah mempunyai momongan selama tingga di Solo. Acara itu digelar pada Minggu, 21 Oktober 2007 dan kebetulan juga bertepatan dengan kemenangan tim Arema yang pada malam harinya bertandang di Stadion Manahan Solo atas tuan rumah Persis Solo. Hari dan tanggal tersebut akhirnya disepakati sebagai hari jadi Aremania Solo.

Pada acara Halal Bihalal tersebut juga terbentuk sebuah susunan kepengurusan korwil Aremania Solo yang diketuai oleh Laseri, serta dibentuk koordinator-koordinatornya. Dalam acara tersebut, disepakati pula penggunaan logo korwil yang didisain pertama kalinya oleh Jery, yang juga sesepuh ASG.

"Aremania Solo ini bisa dibilang salah satu korwil Aremania tertua di antara kelompok-kelompok Aremania yang berdiri di wilayah Jawa Tengah," kata Irfan.

Aremania yang sehari-harinya berkuliah di salah satu kampus di Kota Solo itu menambahkan, perubahan nama Aremania Solo Graphic menjadi Aremania Solo tersebut didasari oleh keinginan untuk mengakomodir masuknya anggota Aremania yang bukan alumni Grafika. Bahkan, lebih lanjut, Aremania Solo ini memang disiapkan untuk mewadahi seluruh Aremania se-Kota Solo, mengingat semakin banyaknya warga asli Solo yang membaptis diri mereka sebagai Aremania. Meski demikian, mereka tetap menghargai keberadaan komunitas Aremania lainnya yang sudah lebih dulu ada di Kota Solo, sebab tujuannya sama, yakni kebersamaan dalam mendukung tim kebanggaan Arema. Setelah ditetapkannya nama Aremania Solo sebagai perubahan nama ASG, para sesepuh pun sepakat Ebus sebagai ketua korwil menggantikan Laseri.

Aremania Solo punya agenda resmi kopdar kumpul-kumpul tiap satu bulan sekali, tepatnya pada minggu pertama. Selain itu ada agenda nobar (nonton bareng) setiap Arema berlaga dan disiarkan secara langsung oleh pihak stasiun televisi. Ada pula kegiatan lain seperti sparing futsal, away tour ke Malang dan program menjenguk anggota yang sakit dengan memberikan sedikit bantuan dari uang kas.

"Hingga kini sebenarnya anggota resmi Aremania Solo itu mencapai seratusan, tapi ya begitu, karena kesibukan masing-masing jadi jarang ada yang bisa ikut saat ada acara kumpul-kumpul, ketika ada kopdar atau nobar dihadiri oleh sepuluh orang saja itu sudah bagus, tapi ketika Arema bertanding di Solo pasti keluar semua kompak datang ke stadion," seloroh Irfan menutup pembicaraan.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 30/9 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Mandala Jayapura - 22/9 - 13.30 WIB
Hasil Selengkapnya