Buntut Kerusuhan di Jakarta, Kemenpora Pertimbangkan Hentikan ISC

Reporter : Afdholud Dzikry
Gatot S Dewa Broto

Wearemania.net - Beberapa insiden yang terjadi di Indonesia Soccer Championship tampaknya sudah menyita perhatian dan membuat geram pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Mereka pun mengatakan tengah mempertimbangkan untuk menghentikan ISC untuk sementara.

Setelah beberapa waktu lalu terjadi kerusuhan suporter yang melibatkan suporter Gresik United dan PS TNI, terbaru kerusuhan terjadi di Jakarta yang melibatkan suporter Persija Jakarta dan pihak Kepolisian.

Pada laga antara Persija Jakarta dan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (24/06) malam itu, bentrokan terjadi antara suporter dan aparat kepolisian yang mengakhibatkan pertandingan dihentikan ada menit ke-81.

"Atas dasar bahwa PT GTS belum juga mematuhi perintah Menpora untuk merealisasikan MoU dengan Kepolisian RI dan juga masih belum mampu mengatasi berbagai insiden dan bentrokan yang terjadi, maka Kemenpora mempertimbangkan untuk menghentikan sementara turnamen/kompetisi ISC sambil menunggu pembahasan dengan pihak PT GTS, Kepolisian RI dan PSSI pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016," ujar Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, dalam rilisnya.

"Kemenpora memandang perlu untuk berkoordinasi dengan PSSI dengan tujuan untuk mengoptimalisasikan keberadaan PSSI mengingat kegiatan keolahragaan PSSI sudah tidak lagi dibekukan sejak tanggal 10 Mei 2016. Keputusan pencabutan rekomendasi/penghentian turnamen/kompetisi ISC akan dituangkan dalam surat resmi dari Kemenpora setelah pertemuan dengan berbagai pihak pada hari Senin," sambungnya.

"Itu sebabnya Dirut PT GTS kemudian dipanggil Menpora tanggal 30 Mei 2016, yang meminta agar PT GTS bisa membenahi ketertiban turnamen mengingat perjalanannya masih panjang hingga Desember 2016 dan meminta PT GTS untuk melakukan penanda-tanganan MoU dengan pihak Kepolisian RI," papar Gatot.

"Atas dasar bahwa PT GTS belum juga mematuhi perintah Menpora untuk merealisasikan MoU dengan Kepolisian RI dan juga masih belum mampu mengatasi berbagai insiden dan bentrokan yang terjadi, maka Kemenpora mempertimbangkan untuk menghentikan sementara turnamen/kompetisi ISC sambil menunggu pembahasan dengan pihak PT GTS, Kepolisian RI dan PSSI pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016," tandasnya.

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 - Stadion Segiri Samarinda (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 3
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya