Soal Lima Pergantian Pemain, PSSI Akan Lapor ke FIFA

Reporter : BOLANET
Regulasi lima pergantian pemain masih belum matang (C) DANI KW

Wearemania.net - Soal regulasi pergantian lima pemain pada Liga 1 musim 2017, PSSI mengklaim telah memberikan informasi kepada FIFA.  Hal itu seperti dikatakan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 akan kick off pada 15 April mendatang. Musim ini, kompetisi kasta tertinggi sepakbola di Indonesia itu bakal jadi saksi lahirnya beberapa regulasi baru.

Salah satunya adalah aturan pergantian pemain. Jika aturan universal menganut tiga pergantian pemain, maka operator menetapkan bahwa untuk liga musim ini tiap klub boleh melakukan pergantian pemain sampai lima kali.

Terkait hal itu, PSSI secara informal sudah melakukan komunikasi dengan officer yang ada di FIFA. Apalagi PSSI sudah menyadari bahwa Laws of The Game No 3 tentang player dan subsitution itu hanya tiga pemain pengganti untuk semua pertandingan

"Mudah-mudahan ini bisa mendapat respon positif. Secara resmi Insya Allah surat hari ini sudah bisa kami layangkan ke FIFA," ujar Joko di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Joko melanjutkan, PSSI memberikan penjelasan kepada FIFA bahwa tujuan penambahan jumlah pergantian pemain adalah karena adanya pembatasan usia di Liga 1 dan kewajiban memainkan pemain U-23. Selain pertukaran, aturan teknis baru lainnya di Liga 1 adalah jumlah susunan daftar pemain bertambah dari 18 menjadi 20 pemain.

"Persetujuan FIFA penting karena menyangkut validitas kompetisi. Ini menjadi terobosan yang sangat spesial sehingga tidak semata-mata kita berkomunikasi dengan FIFA," tutur Joko.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menegaskan, peraturan pergantian pemain mengacu pada regulasi pemain muda sehingga dia yakin FIFA akan memberikan respons positif. Maka bila nantinya ditolak, Joko belum bisa berspekulasi.

"Ketua umum minta harus diterapkan karena punya dampak terhadap validitas kompetisi. Itu untuk kualifikasi kompetisi berikutnya, itu saja yang tentu menjadi pembahasan kita," pungkas pria asal Ngawi ini. (fit/rer)

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (25/10/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 1
Liga 1 - Stadion Jakabaring Palembang (20/10 - 15.00 WIB)
Hasil Selengkapnya