AFC Ingin PSSI Tunjuk Koordinator Wasit Lokal

Reporter : BOLANET
Wasit di Indonesia harus punya koordinator (C) DANI KW

Wearemania.net - Federasi sepakbola Asia (AFC) meminta PSSI menunjuk satu orang untuk jadi koordinator wasit di Indonesia. Wasit tersebut nantinya akan membantu AFC untuk mengembangkan potensi wasit di Indonesia agar selevel dengan wasit-wasit di negara Asia lainnya.

Permintaan tersebut diutarakan AFC saat digelarnya program yang bertajuk Refereeing Administration Project di Jakarta, 7 hingga 9 April 2017. Dalam program tersebut, AFC mengutus Muhammad Gozali untuk memberikan materi terkait laws of the game FIFA kepada wasit-wasit Indonesia yang akan bertugas di Liga 1 dan 2.

Wasit tersebut nantinya akan berkomunikasi secara intens dengan pihak AFC. Selain itu, koordinator tersebut juga akan bertugas untuk memberikan materi yang disampaikan AFC kepada setiap wasit-wasit di Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

"AFC meminta agar PSSI menunjuk satu orang untuk menjadi tugas di setiap Asprov. Tugasnya nanti untuk mengembangkan potensi wasit di Indonesia agar bisa setara dengan wasit-wasit di Asia," ujar Kepala Departemen Wasit PSSI, Ngadimin Asri.

Wasit asal Indonesia sendiri tergolong tertinggal dari negara-negara Asia lainnya. Hal tersebut dilihat dari minimnya wasit yang dipercaya memimpin laga-laga di level bergengsi.

Diterangkan oleh Ngadimin, sejumlah pengadil lapangan dari belahan negara Asia lainnya bahkan sudah dipercaya untuk bertugas memimpin pertandingan berskala besar. Contohnya di pentas Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia nanti.

Kondisi tersebut menurut Ngadimin harus menjadi motivasi bagi para wasit di Indonesia. Dia mengatakan pihaknya nanti akan berusaha meningkatkan kualitas para pengadil lapangan di tanah air.

"Ini menjadi tanggung jawab Departemen Wasit PSSI bagaimana menciptakan wasit yang berkualitas di Indonesia," serunya.

Namun Ngadimin menambahkan, nantinya pihak AFC juga akan memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas para wasit Indonesia. Caranya dengan membentuk Referee Assessors, yang akan bertugas memberikan penilaian pada para wasit pada bulan Mei dan Juni mendatang.

"Hadirnya Referee Assessors nanti untuk mengetahui kemampuan wasit dan bisa memperbaiki apa yang kurang untuk mencapai tujuan lebih baik di Indonesia," pungkasnya. (fit/asa)

Komentar Aremania