BOPI Rekomendasikan Liga 1 Bergulir Tepat Waktu

Reporter : BOLANET
Sekjen BOPI, Heru Nugroho (C) BOLANET

Wearemania.net - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya memberikan surat rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk menjalankan kompetisi Liga 1. Surat rekomendasi tersebut dikeluarkan setelah BOPI melakukan dua tahap verifikasi.

BOPI menerbitkan surat rekomendasi bernomor SR.SB.014/BOPI/KU/IV-2017 tersebut pada hari Kamis, 13 April 2017. Rekomendasi itu diturunkan setelah ditandatanganinya nota kesepahaman pelaksanaan Liga 1 musim 2017 antara PT LIB dan BOPI di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Sekjen BOPI, Heru Nugroho kemudian menjelaskan mengapa pihaknya mengeluarkan surat rekomendasi tersebut. Menurutnya, rekomendasi itu dirilis setelah tuntasnya dua proses verifikasi.

"Proses verifikasi itu kan ada dua. Pertama, terhadap hukum keolahragaan sepakbola. Untuk wilayah keolahragaan sepakbola kita serahkan kepada PSSI. Kita minta itu diverifikasi oleh PSSI dan keluar suratnya dari PSSI kemudian diberikan kepada kita," ujar Heru kepada Bola.net di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (13/4/2017)

"Kedua, wilayah verifikasi terhadap hukum negara yang di mana negara punya tanggung jawab di situ. Jadi BOPI harus memverifikasi profesionalitas mereka terhadap hukum-hukum negara atau ketaatan terhadap hukum negara.

Contohnya, legalitas terhadap badan hukum yang ada, pajak, kontrak kerja mereka yang artinya punya tunggakan tidak dengan pemain atau pelatih, serta kelengkapan dokumen bagi pemain dan pelatih asing," sambungnya.

Meski surat rekomendasi sudah turun, namun proses verifikasi tersebut masih belum rampung 100 persen. Pasalnya, masalah Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk pemain asing belum tuntas.

"Alhamdulillah secara prinsip semua sudah terpenuhi. Tinggal KITAS yang belum," tuturnya.

Dijadwalkan, kick off Liga 1 akan digelar pada 15 April mendatang. Pertandingan antara Persib Bandung kontra Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bakal menjadi seremoni pembuka kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu. (fit/asa)

Komentar Aremania