Terkait KITAS, PSSI Akan Patuhi Peraturan Pemerintah

Reporter : BOLANET
Joko Driyono jadi PLT Sekjen PSSI (C) BOLANET

Wearemania.net - PSSI memastikan para pemain asing yang belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) tidak boleh bermain lebih dahulu di Liga 1. Hal tersebut dinyatakan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta para pemain asing yang belum memiliki KITAS agar tidak boleh dimainkan. Namun, PSSI berharap ada kompensasi karena proses pembuatanĀ  KITAS butuh waktu yang relatif lama.

Akan tetapi, setelah diadakannya pertemuan antara BOPI, PT LIB, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Imigrasi, PSSI akhirnya siap tunduk pada aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Artinya, pemain asing yang belum memegang KITAS dipastikan tidak tampil sebelum KITAS-nya terbit.

"Kami (PSSI) menyatakan tunduk pada aturan. Pemain tanpa KITAS akan ditindaklanjuti," ujar Joko.

Masalah KITAS ini sendiri nantinya juga akan coba dituntaskan dengan lebih cepat oleh pihak-pihak tersebut. Asalkan pengurusannya sesuai prosedur, termasuk mengurus IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) terlebih dahulu sebelum mengajukan KITAS.

Joko juga memberikan saran kepada klub-klub yang menggunakan tenaga pemain asing. Ke depannya, dia berharap agar klub tidak terlalu sering bergonta-ganti pemain asing.

"Kita melihat ke depan, dengan terobosan-terobosan yang jalan keluarnya dicari bersama. Kita lihat ada proses dan pendampingan yang cepat. Ini juga bisa jadi konsen temen-temen di klub untuk tidak ganti-ganti pemain dengan cepat," tandas Joko. (fit/pra)

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (25/10/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 1
Liga 1 - Stadion Jakabaring Palembang (20/10 - 15.00 WIB)
Hasil Selengkapnya