PSSI Istirahatkan 18 Wasit Liga 1 dan Liga 2

Reporter : BOLANET

Wearemania.net - PSSI nampak serius membenahi kualitas wasit di Indonesia. Federasi sepakbola tertinggi di Indonesia itu pun tidak ragu untuk memberhentikan sementara para wasit yang kinerjanya dianggap tidak sesuai harapan pada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2017.

Hingga beberapa pekan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berjalan, banyak keluhan yang dialamatkan pada para korps baju hitam tersebut. Banyak yang mengeluh bahwa wasit masih dipengaruhi pihak luar dan lain sebagainya.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi juga tidak menutup mata atas keluhan-keluhan tersebut. Menurut penuturan CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya pihaknya sampai saat ini telah merumahkan sejumlah wasit setelah mengadakan evaluasi secara menyeluruh atas kinerja para pengadil lapangan tersebut.

"Sebenarnya kemarin itu PT LIB menghadap ke PSSI atas undangan PSSI untuk melakukan evaluasi terhadap kompetisi di 2017 ini. Di mana sudah berjalan sampai pekan ke-6 untuk Liga 1 termasuk juga untuk Liga 2. Nah, salah satu pembahasannya adalah mengenai kinerja wasit dimana memang seperti yang kita ketahui ada beberapa surat yang masuk ke kita atas kinerja wasit," ujar Risha kepada Bola.net, Selasa (16/5/2017) malam.

"Oleh karena itu akhirnya setelah kita melaporkan dari sisi technical dan lain-lain, selanjutnya PSSI melakukan meeting lanjutan secara internal dan hasil meetingnya itu adalah adanya beberapa wasit yang diberhentikan sementara," sambungnya.

Risha kemudian menyebutkan bahwa ada belasan wasit yang dirumahkan. Ada yang bertugas sebagai wasit utama maupun hakim garis.

"Tepatnya sih 18 wasit. Detailnya siapa saja saya lupa karena wasit itu kan ada tiga orang yang bertugas di setiap pertandingan. Wasit tengah maupun asisten wasit atau penjaga garis. 18 wasit itu dari Liga 1 dan Liga 2. Mereka diberhentikan sementara sampai nanti ada keputusan lebih lanjut dari PSSI," tandasnya. (fit/asa)

Komentar Aremania