Diprotes Arema, PT LIB Sebut NDouassel Bukan Pemain Ilegal

Reporter : BOLANET

Wearemania.net - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan jawaban mengenai status keabsahan pemain asing anyar Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel. PT LIB memastikan Ezechiel bukan pemain ilegal dan sudah memenuhi persyaratan untuk dimainkan melawan Arema FC.

Persib bertandang ke markas Arema FC pada pekan ke-19 kompetisi Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (12/8/2017) lalu. Usai laga, sang tuan rumah melayangkan protes resmi pada PT LIB selaku operator Liga.

Arema FC menyebut Ezechiel belum sah jadi pemain Persib. Sebab, striker asal Chad itu belum mendapatkan ITC (International Transfer Certificate) dari federasi negara asalnya, yakni Israel dan juga masih berstatus sebagai pemain tim Hapoel Kiryat Shmona.

ITC itu sendiri harus dikeluarkan federasi sepakbola Israel dan dikirim ke federasi sepakbola Indonesia, dalam hal ini adalah PSSI. Namun dalam kasus yang dialami Ezechiel, PT LIB memberikan pengecualian.

"Sebenarnya apa yang dilakukan PSSI di paruh musim kedua ini hampir sama dengan paruh musim pertama. Dimana ada dispensasi kepada pemain-pemain yang dalam proses ITC boleh dimainkan sampai kurun waktu dua minggu," ujar CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya kepada Bola.net.

Risha menambahkan, proses seperti itu sebelumnya juga pernah dilakukan oleh PSSI dan kini diulang kembali. Ditegaskannya, meski sang pemain belum mendapatkan ITC, asalkan sudah dalam proses pengesahan maka pemain tersebut sudah bisa dimainkan.

"Jadi siapapun pemainnya itu selama prosesnya sudah berjalan ya sudah bisa dimainkan dan disahkan oleh LIB karena kita dari LIB ada dasar suratnya untuk mengesahkan pemain. Sebenarnya ada lima sampai enam pemain bukan hanya satu pemain saja," tuturnya.

Namun, ketika ditanya siapa pemain-pemain tersebut, Risha tidak bisa mengatakannya. Tapi, sekali lagi terkait Ezechiel, dia menegaskan tak ada masalah dalam keputusan Persib memainkannya saat melawan Arema FC.

"Sudah karena ada dasar suratnya, kalau tidak disahkan mana bisa main," tandasnya. (fit/asa)

 

Ikuti WEAREMANIA di LINE dan gabunglah bersama kami di BBM untuk mengikuti update tim Arema Indonesia paling lengkap dan cepat!

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (24/9/2017 - 18.30 WIB)
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 3
Liga 1 - Stadion Aji Imbut Tenggarong (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya