Musim Depan PSSI Masih Pakai Jasa Wasit Asing

Reporter : BOLANET
Wasit asing yang pernah memimpin laga Arema (C) AKAIBARA

Wearemania.net - PSSI memastikan akan tetap menggunakan jasa wasit asing pada kompetisi Liga 1 musim depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komite Eksekutif Bidang Kompetisi PSSI, Yunus Nusi.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator memutuskan untuk memakai tenaga wasit asing di putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2017. Keputusan itu diambil setelah melihat banyaknya masalah terkait kepemimpinan wasit lokal di putaran pertama.

Kehadiran para wasit asing itu sendiri menuai beragam reaksi. Ada yang menyambut baik dan ada pula yang bersikap skeptis. Namun meski demikian, PSSI memastikan wasit asing masih akan diperbantukan di musim depan.

"Kenapa tidak? Tetapi kami harus berkomunikasi dengan PT Liga," ujar Yunus.

Yunus menambahkan, PSSI tak akan sembarangan dalam mendatangkan wasit-wasit asing tersebut. Pihak federasi memastikan hanya akan menggunakan jasa wasit berlisensi FIFA yang punya reputasi bagus.

"Kami juga harus merekrut wasit-wasit terbaik. Kami berharap wasit-wasit asing yang dipergunakan adalah wasit terbaik," tegasnya.

Selama bertugas di Indonesia, para wasit asing nampak menggunakan head set. Perangkat itu mempermudah komunikasi antar wasit di atas lapangan.

Saat disinggung apakah hal tersebut bisa diterapkan terhadap wasit lokal, Yunus tak bisa banyak berkomentar. Sebab, keputusan itu ada di tangan operator liga.

"Harusnya demikian. Kami kembalikan ke PT Liga Indonesia Baru," tandasnya. (fit/dzi)

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

3 - 2
Liga 1 - Stadion Segiri Samarinda (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

5 - 3
Liga 1 - Stadion Kanjuruhan Malang (18.30 WIB)
Hasil Selengkapnya