Aturan Main Piala Presiden 2018 Sudah Dirilis

Reporter : BOLANET
Manager Meeting Piala Presiden 2018 (C) FITRI BOLANET

Wearemania.net - Klub-klub peserta turnamen Piala Presiden 2018 bisa memainkan para pemain yang bahkan belum dikontrak. Selain itu, ada pula aturan yang memperbolehkan klub mendaftarkan enam pemain asing, meski tidak semua bisa dimainkan bersamaan.

Turnamen yang dimulai sejak 2015 ini memang banyak dimanfaatkan oleh klub untuk mempersiapkan tim sebelum terjun ke kompetisi resmi. Selain itu, ajang ini juga jadi kesempatan untuk menggelar seleksi pemain baru.

Namun, kesempatan untuk melakukan seleksi itu berbenturan dengan aturan dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). BOPI meminta seluruh klub peserta Piala Presiden 2018 diverifikasi terlebih dahulu izin kerja untuk pemain maupun pelatih asingnya, hingga aspek legalitas klub-klub pesertanya.

"Salah satu dari visi dan misi Piala Presiden 2018 ini adalah prestasi, di mana bisa dijadikan sebagai ajang pra-musim. Maka itu, dari regulasi kami sedikit fleksibel. Sebelum ini dijalankan, kami sudah berkoordinasi dengan departemen terkait," ujar perwakilan penyelenggara, Risha Adi Widjaya.

"Jadi, tak perlu kontrak pemain, karena ini hanya satu bulan durasi turnamennya. Dalam kontrak itu enggak ada aturannya durasi kontrak satu bulan," sambungnya.

Risha menambahkan, masalah izin untuk pemain dan pelatih asing yang bekerja dalam waktu sekitar satu bulan tak perlu dirisaukan oleh pihak klub. Sebab pihak penyelenggara sudah menggelar koordinasi dengan instansi yang terkait.

"Kami akan membantu klub untuk mengurus hal itu. Tentunya dengan dokumen yang lengkap, dan prosesnya mungkin hanya dua hari izinnya akan keluar," ucapnya.

Kemudian terkait penggunaan pemain asing, penyelenggara memperbolehkan pihak klub mendaftarkan enam pemain. Akan tetapi, tak semua pemain asing tersebut bisa dimainkan. Hal ini juga untuk mempermudah klub melakukan seleksi.

"Setiap klub hanya bisa memainkan tiga pemain asing dari negara mana pun, plus satu pemain asing Asia di setiap pertandingan," tutupnya. (fit/asa)

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

VS
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 7/7 - 15.30 WIB
Jadwal Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Gajayana - 6/6 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya