Inilah Keputusan LIB soal Laga Arema FC vs Persib yang Berakhir Ricuh

Reporter : BOLANET
Thiago Furtuoso dkk bermain imbang 2-2 den (C) WEAREMANIA

Wearemania.net - Pertandingan antara Arema FC dan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4) berakhir ricuh. Menyikapi kejadian itu, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator Gojek Liga 1 bersama Bukalapak musim ini pun harus mengambil keputusan.

Pertandingan antara kedua kubu berakhir dengan skor imbang 2-2 selama waktu normal. Arema FC mencetak gol lebih dulu lewat tendangan Thiago Furtuoso.

Tak lama setelah itu, Persib Bandung menyamakan kedudukan lewat tembakan Ezechiel Ndouasel. Kemudian di babak kedua, Persib Bandung justru unggul atas tuan rumah pada menit 78 lewat gol yang juga dicetak oleh Ndouasel.

Untung saja Arema bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 87 lewat Balsa Bozovic. Jelang akhir-akhir laga, wasit mengusir pemain Arema, Dedik Setiawan, dengan kartu merah. 

Keputusan wasit itu diduga membuat pendukung Arema kecewa sehingga mulai turun ke lapangan. Semakin lama, suporter yang menginvasi lapangan semakin banyak sehingga tidak memungkinkan pertandingan dilanjutkan meskipun masih ada sedikit waktu tambahan.

Terkait masih adanya waktu yang tersisa ini, PT LIB memutuskan bahwa pertandingan antara Arema FC dan Persib Bandung telah selesai. Artinya, tidak akan ada laga lanjutan yang akan berlangsung di kemudian hari.

Apa yang telah diputuskan LIB tersebut sesuai dengan regulasi yang tertuang pada pasal 12 ayat 1 C dan 1 D. Dalam regulasi tersebut dijelaskan jika force majure yang termasuk kericuhan penonton maka status pertandingan akan diputuskan oleh LIB. Hanya saja, putusan dari LIB tersebut harus melalui beberapa pertimbangan dan proses berdasarkan keputusan wasit dan laporan dari pengawas pertandingan.

“Acuannya pada laporan pertandingan yang dikirimkan oleh pengawas pertandingan. Semua telah kami baca dan pelajari secara terperinci. Dari laporan tersebut, kami memutuskan pertandingan telah selesai,” jelas Tigorshalom Boboy, COO PT LIB, dalam rilis resmi yang diterima Bola.net.

Adapun soal hukuman yang mungkin akan dijatuhkan kepada Arema, belum bisa diputuskan hari ini, Senin (16/4). Sebab kasus di Stadion Kanjuruhan tersebut masih perlu didalami.

"Komisi Disiplin yang akan mempelajari kasus ini dan jika ada yang salah atau melanggar peraturan, maka Komdis yang akan menentukan hukumannya. Kami berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi,” papar Tigor.

 

Ikuti WEAREMANIA di Instagram dan Channel Youtube untuk mengikuti update tim Arema FC paling lengkap, cepat dan terpercaya!

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

2 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 09/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

0 - 1
Liga 1 2018 - Stadion Sultan Agung Bantul - 02/12 - 15.30 WIB
Hasil Selengkapnya