Ini Besaran Match Fee dan Hadiah Piala Indonesia

Reporter : BOLANET
Arema berpeluang dapatkan kucuran dana karena ikut Piala Indonesia (C) WEAREMANIA

Wearemania.net - Turnamen Piala Indonesia akan kick off pada 8 Mei 2018. PSSI selaku penyelenggara telah mengumumkan besaran match fee untuk peserta dan nominal hadiah yang akan diterima sang pemenang.

Piala Indonesia akan diikuti oleh 128 klub dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3. Rencananya, proses drawing bakal dilakukan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 3 Mei mendatang.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan, besaran match fee yang diberikan kepada klub bakal berbeda setiap babaknya. Seperti diketahui, Piala Indonesia akan menerapkan sistem gugur dengan satu pertandingan pada babak 128 besar dan 64 besar, serta format home and away pada babak 32 besar, 16 besar, delapan besar, hingga semifinal.

"Untuk setiap babak ada match-fee yang diberikan. PSSI punya ilustrasi match-fee yang diberikan setiap babak bertingkat," ujar Joko di Jakarta, Rabu (25/4) malam.

"Untuk babak 128 besar, klub akan mendapatkan match-fee Rp100 juta. Namun presentasinya 60-40 persen. Jadi misal, ada klub Liga 3 jadi tuan rumah bertemu dengan klub Liga 1. Tuan rumah mendapatkan 60 persen dan tim tamu 40 persen. Begitu juga di babak 64 besar, tapi nilainya menjadi Rp125 juta," sambung pria yang akrab disapa Jokdri ini.

Kemudian untuk babak 32 besar yang sudah menerapkan sistem gugur dengan format kandang tandang, besaran match fee yang diterima akan lebih besar. "Ingat, karena ini home and away, jadi masing-masing klub bakal mendapatkan Rp150 juta," kata Jokdri.

Peningkatan match fee juga bakal diterima klub pada babak 16 besar yaitu Rp200 juta. Lalu bakal bertambah lagi pada babak delapan besar yang nilainya mencapai Rp250 juta.

"Untuk tim yang lolos ke semifinal dan final tidak ada match fee lagi karena sudah ada uang hadiah. Juara mendapatkan Rp3 miliar, runner-up Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat mendapatkan Rp500 juta," tutup Jokdri. (fit/pra)

Loading...

Komentar Aremania

Jadwal Pertandingan

4 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Kanjuruhan - 22/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya

Jadwal Pertandingan

1 - 0
Liga 1 2018 - Stadion Kapten Dipta Gianyar - 18/5 - 20.30 WIB
Hasil Selengkapnya