PSSI Panggil 4 Pemain Arema, Mulai Keder Ama Riedl Nie?

Ditulis Oleh Abi Yazid     Sabtu, 14 April 2012
( Dilihat Sebanyak 2231 Kali )



Timnas U23 Tahun Lalu.
Timnas U23 Tahun Lalu.

Wearemania.net - Gerakan PSSI La Nyalla yang sudah mendatangkan Alfred Riedl dan akan membentuk Timnas Indonesia rupanya membuat PSSI Djohar merasa perlu melakukan rekonsiliasi. Hal yang unik mengingat 4 bulan lalu mereka dengan gagah tidak akan memanggil pemain dari ISL dan akan memberikan sanksi.

Karena itu PSSI mengumumkan para pemain Indonesian Super League (ISL) siap bermain di tim nasional (timnas) Indonesia. Para pemain yang masuk dalam daftar pemanggilan itu rencananya akan segera dihubungi mulai hari ini. Arema Indonesia sendiri kebagian 4 pemainnya yaitu, Meiga, Hendro, Alfarizi dan Sunarto.

Di timnas U-23,PSSI memanggil sebanyak 17 pemain ISL yang akan diproyeksikan mengikuti SEA Games 2013 di Myanmar. Sedangkan pemain-pemain yang akan masuk dalam timnas senior, asosiasi sepak bola tertinggi Indonesia itu memanggil 11 nama. Menurut Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Bob Hippy, pemanggilan itu bukan ditentukan PSSI. Pemilihan-pemilihan tersebut atas instruksi atau permintaan para pelatih yang menukangi timnas U-23 dan senior.

Bob juga memaparkan Pelatih Semen Padang (SP) Nil Maizar dipercaya melatih timnas senior. Untuk timnas U-23, duet Aji Santoso dan Widodo C Putro ditugaskan PSSI. "Nama-nama pemain ini diambil dari para pelatih yang ditunjuk sebagai pelatih. Keluarnya nama-nama itu setelah kami bertemu dengan pelatih beberapa hari yang lalu.Setelah kami berikan pengumuman tersebut,kami akan kirim surat konfirmasi kepada klub-klub mereka lebih dulu," ungkap Bob di kantor PSSI, Jakarta, kemarin.

Rencananya,pemain-pemain timnas U- 23 akan dikumpulkan di Malang pada 22 April. Sementara untuk timnas senior, PSSI akan meminta para pemain itu berkumpul pada 16 April. Mengingat mepetnya waktu yang diberikan PSSI, para pemain senior diberi toleransi hadir selama dua hari ke depan. Paling tidak, pemain-pemain tersebut akan ditunggu sampai 18 April.

Takut Karena Riedl?

Telihat gelagat yang dilakukan oleh PSSI ini, rupanya ada indikasi mereka takut akan gerakan PSSI La Nyalla yang sudah mengundang Alfred Riedl untuk menukangi timnas.

Namun Limbong membantahnya, "Ini bagian dari rekonsiliasi dan bukan isapan jempol. Dalam rekonsiliasi, tidak ada kotak-kotakan. IPL dan ISL sudah kita akui jadi kami panggil semua," tandas Bernhard Limbong selaku Penanggungjawab Timnas Indonesia, di Jakarta, Jumat (13/4).

Bernhard Limbong menyatakan akan segera menghubungi klub-klub ISL dan PT Liga Indonesia yang menaungi kompetisi ISL untuk memberitahukan bahwa PSSI akan memanggil sejumlah pemain mereka untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Kami akan lakukan koordinasi dengan klub ISL dan regulator kompetisinya, PT Liga Indonesia. Setelah ini akan kami kirim surat panggilan sekaligus pemberitahuan kepada klubnya, jelas Bernhard Limbong.

Selain Bernhard Limbong, Bob Hippy juga ikut berkomentar. Dalam menanggapi kemungkinan klub-klub ISL tidak akan melepas para pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia bentukan PSSI, Bob Hippy mengaku tidak merasa cemas.

Namun, Koordinator Timnas PSSI ini juga menyiratkan bahwa akan ada sanksi bagi mereka yang tidak taat aturan. Sanksi tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada Komisi Disiplin PSSI.

"Gak apa-apa gak ikut, namanya juga rekonsiliasi, wajar itu. Artinya, memang masih ada masalah. Soal sanksi, saya serahkan kepada kebijakan organisasi terutama di Komisi Disiplin, ujarnya.

Berikut ini adalah pemain seleksi timnas.

Pemain Dari IPL (20 pemain)

  1. Dio Pernama (Persema Malang)
  2. Mustaib Billah (Persekat Katingan Palangkaraya)
  3. Ilhamur Irhaz (Persekat Katingan Palangkaraya)
  4. Aji Saka (Arema IPL)
  5. M. Ridwan (Bontang FC)
  6. Aditya Putra Dewa (PSM Makassar)
  7. Rasul Zainuddin (PSM Makassar)
  8. Muhammad Azwar (PSM Makassar)
  9. Rasyid Assahid Bakri (PSM Makassar)
  10. Kurniawan (PSM Makassar)
  11. Andik Vermansyah (Persebaya IPL)
  12. Dany Saputra (Persedikab Kab. Kediri)
  13. Muhammad Chairul Rifan (Arema IPL)
  14. Latif (Persijap Jepara)
  15. Sigit Meiko Susanto (Persibo Bojonegoro)
  16. Muhammad Hargianto (Rajawali Muda Jakarta)
  17. Candra (PS Kerinci)
  18. Mukaram Ghozali (Pro Duta)
  19. Rahmat Hidayat (Pro Duta)
  20. Diego Michiels (Persija Jakarta IPL)

Pemain Dari ISL (17 pemain)

  1. Kurnia Meiga (Arema Indonesia)
  2. Hendro Siswanto (Arema Indonesia)
  3. Sunarto (Arema Indonesia)
  4. Muhammad Alfarizi (Arema Indonesia)
  5. Andritani (Persija Jakarta)
  6. Ramdani Lestahulu (Persija Jakarta)
  7. Rudy Setiawan (Persija Jakarta)
  8. Delton (Persija)
  9. Tomas (Persebaya)
  10. Fernando Ferry Pahabol (Persidafon Dafonsoro)
  11. Okto Maniani (Persiram Raja Ampat)
  12. David Laly (Persipura Jayapura)
  13. Septia Hadi (Sriwijaya FC)
  14. Egi Melgiansyah (Pelita Jaya)
  15. Joko Sasongko (Pelita Jaya)
  16. Rosi (Sumbawa Barat)
  17. Sadam (Sumbawa Barat)

Gunakan tombol ← → di keyboard Anda untuk berita lainnya














Beto Goncalves tak bisa ikut ke Bandung saat Arema menantang Persib (13/04) karena diare. Dia bahkan sempat memamerkan perutnya kepada Victor Igbonefo di sesi latihan terakhir.