Indonesia Vs Vietnam, Bukan Ujicoba Biasa

Ditulis Oleh Afdholud Dzikry     Sabtu, 15 September 2012
( Dilihat Sebanyak 832 Kali )



Irfan Bachdim Kudu Menang
Irfan Bachdim Kudu Menang

Wearemania.net - Pertarungan antara Indonesia versus Vietnam di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sore nanti, Sabtu (15/9), bukanlah pertandingan uji coba biasa. Lebih dari itu, kedua tim sama-sama punya tujuan lain di laga ini.

Timnas Indonesia sangat memburu kemenangan di laga ini. Kemenangan akan dapat memperbaiki posisi Indonesia di FIFA Rangking's World yang kini terperosok di peringkat 168. Kemenangan juga akan menjadi penghapus dahaga bagi tim asuhan Nil Maizar tersebut yang tak pernah bisa mempecundangi lawan-lawannya di laga-laga sebelumnya. Dan lagi, kemenangan akan menggugah kepercayaan masyarakat pada Timnas.

Sementara Vietnam yang datang dengan modal kemenangan 2-0 di kandang Malaysia lebih memiliki tujuan jangka panjang. Mereka tak menargetkan kemenangan di laga yang bagi tim pelatih Vietnam hanya untuk memadukan kombinasi pemain muda dan seniornya saja. Bagi tim peringkat 146 FIFA itu, laga yang rencananya ditayangkan RCTI pada pukul 15:30 WIB sore nanti itu adalah persiapan mereka untuk menghadapi pentas sesungguhnya. Yakni Piala AFF 2012.

Perubahan akan banyak terjadi di tim asuhan Phan Thanh Hung untuk laga ini. Selain kehilangan bek kiri Tran Dinh Dong yang menderita cedera engkel, ia akan mengubah materi tim yang diturunkan saat mengalahkan Harimau Malaya lalu. "Akan ada perubahan. Kami ingin menjajal pemain muda kami. Kalau peluang kami untuk menang masih 50-50," terang asisten pelatih Hoang Anh Tuan.

Untuk itu lah, Timnas Garuda Merah Putih harus mewaspadai sang lawan. Apalagi striker sekaligus top skor Vietnam dengan 31 golnya, Le Cong Vinh sedang on fire usai mencetak gol lawan Malaysia lalu. "Vietnam hampir sama dengan Korea Utara, sama-sama negara sosialis. Negara-negara seperti ini memiliki daya juang dan fighting spirit yang tinggi," ujar manajer Timnas Senior, Habil Marati.

Berbeda dengan Vietnam yang sedikit mengalami perubahan, Nil Maizar akan mempertahankan formasi yang ia gunakan saat melawan Korea Utara lalu. Meski timnya compang-camping ditinggal Ferdinand Sinaga, Abdul Rahman, Patrich Wanggai ke Timnas bentukan KPSI, ia tetap optimis dengan tim besutannya yang menyisakan Irfan Bachdim dan Samsul Arif di lini depan.

"Kita maksimalkan yang ada. Saya sudah bilang ke rekan-rekan pemain, tak ada pemain yang bintang, semuanya sama. Tak ada inti dan cadangan, tapi mana pemain yang berfungsi maksimal dan tidak," tuturnya diplomatis. (fjr/dzi)















Auman Samsul terus berlaku di babak delapan besar, saat melawan Persipura, dia mampu lesakkan dua gol untuk bawa Arema menang 3-0. Terus mengaum Samsul!

 


Login