Kuncoro Ungkap Cara Arema Mengembalikan Karakter Malangan

Asisten Pelatih Kuncoro ungkap cara Arema mengembalikan karakter Malangan di bawah kepemimpinan Javier Roca. Sebagai salah seorang legenda klub, bantuan siap diberikannya kepada sang pelatih kepala.

Karakter Malangan memang dari dulu identik dengan permainan Arema. Sejak lama, Arema dikenal kerap tampil keras, lugas, dan tanpa kompromi menghadapi tim manapun lawannya.

Gaya main yang seperti itu dinilai banyak orang seolah menghilang di era kepelatihan Eduardo Almeida. Hampir jarang melihat skuad Singo Edan tampil keras dan lugas.

“Memang karakter dibentuk dalam latihan, harus ditekankan high press, harus keras,” kata Kuncoro.

Cara Arema Mengembalikan Karakter Malangan Bukan Sekadar Kata-kata

Kuncoro menegaskan, untuk mengembalikan karakter Malangan kepada para pemain Arema bukan sekadar kata-kata. Langkah tersebut dilakukan tim pelatih Arema secara serius.

Bahkan, demi menanamkan karakter tersebut, tim pelatih Arema melakukan pendekatan personal kepada penggawa Singo Edan.

“Mengubah karakter itu bukan sekadar kata-kata, tapi dengan pendekatan pemain. Kami jelaskan seperti apa karakter Arema, begini caranya. Dari latihan pasti nanti akan ketemu,” imbuhnya.

Beda Pendekatan Pemain Asli Malang dan Luar Malang

Kuncoro tak bermaksud membeda-bedakan pemain Arema berdasarkan daerah asalnya. Hanya saja, pendekatan untuk menanamkan karakter Malangan antara pemain asli Malang dan luar Malang berbeda.

“Saya pikir pemain asli putra daerah Malang bisa dibuat panutan. Untuk menanamkan kepada pemain luar Malang caranya dengan menceritakan sejarah Arema kepada mereka,” pungkasnya.