Ada Format dan Regulasi Baru Untuk Liga 1 2023-2024, Apa Saja?

- Advertisement -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Liga 1 2023-2024 dimulai pada 1 Juli 2023 hingga 26 Mei 2024 mendatang. Ada format dan regulasi baru yang diterapkan operator kompetisi tersebut.

Format championship series diberlakukan PT LIB untuk menentukan juara. Selain itu, regulasi pemain asing berubah dari 3+1 menjadi 5+1, lalu sistem Video Assistant Referee (VAR) akan diterapkan mulai putaran kedua nanti.

Format dan regulasi baru itu tertuang dalam surat dari PT LIB kepada klub-klub peserta Liga 1 2023-2024. Surat yang bertanda tangan Direktur Utama (Dirut), Ferry Paulus itu dikirimkan pada 10 Mei 2023 lalu dengan perihal “Pemberitahuan Pelaksanaan Kompetisi BRI Liga 1-2023/24”.

Penjelasan Detal Format dan Regulasi Baru Untuk Liga 1 2023-2024

Sebelum format championship series diterapkan, 18 klub peserta akan lebih dulu bertarung dalam format reguler series seperti biasanya. Mereka akan saling bertemu dua kali dengan sistem kandang dan tandang, dalam 34 pekan pada 1 Juli 2023 sampai 28 April 2024.

Setelah itu empat tim di peringkat teratas dari reguler series akan diadu lagi. Keempat finalis itu akan bertemu dalam dua leg demi memperebutkan gelar juara Liga 1.

Untuk regulasi pemain asing, yang awalnya tiga pemain asing bebas ditambah satu slot pemain negara anggota AFC juga diubah. Regulasi yang baru, klub diizinkan memakai jasa lima pemain asing bebas ditambah satu pemain dari negara Asia Tenggara (ASEAN), dan semuanya boleh dimainkan dalam satu laga.

Selain itu, ada pula regulasi yang mengatur setiap klub Liga 1 untuk wajib memainkan satu pemain U-23 kelahiran maksimal 1 Juli 2001 sebagai starter. Si pemain harus tampil minimal selama babak pertama, atau 45 menit.

Pastikan Penggunaan VAR

Selain itu, PT LIB juga memastikan penggunaan VAR pada putaran kedua nanti, atau tepatnya pada awal 2024. Seluruh tim peserta dituntut untuk mempersiapkan fasilitas penunjangnya.

“Sebagai langkah konkret pada peningkatan kualitas kompetisi, LIB membentuk departemen VAR yang telah memulai bekerja dalam langkah awal proses implemetasi penerapan VAR di kompetisi Liga 1 2023/2024 sesuai panduan dari FIFA,” tulis LIB dalam surat yang sama.

“Untuk mendukung implementasi VAR di setiap stadion, yang rencananya mulai disimulasikan dan diterakan pada putaran kedua di awal tahun 2024, maka LIB memohon dukungan klub untuk mempersiapkan.”

“Menaikkan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 lux. Secara progresif, mulai memperbarui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED. Menggunakan LED board dalam implementasi komersial di perimeter stadion.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya