Analisis Javier Roca Tentang Finishing Arema yang Buruk

Finishing Arema yang buruk menjadi salah satu Pekerjaan Rumah (PR) Javier Roca sebagai pelatih kepala dalam lanjutan Liga 1 2022-2023. Pelatih asal Chile itu sudah melakukan analisis mengenai penyebab dan solusinya.

Dalam delapan pertandingan yang sudah dijalani di kompetisi musim ini, Arema dengan sembilan golnya cuma ada di posisi 10 untuk urusan produktivitas gol. Arema melepaskan total 81 tembakan (juga peringkat 10 di antara 18 klub peserta), tapi hanya 36 tembakan yang mengarah ke gawang (peringkat 11).

Untuk urusan akurasi, dengan rumus jumlah shot on target dibagi jumlah shot, Arema hanya menempati peringkat 10 dengan angka akurasi 0,444. Sementara efektifitas golnya malah ada di peringkat 11, atau hanya 0,111.

“Ya, ada banyak hal yang bisa kita analisis soal peluang gol ini. Ada yang kurang tenang, peluang yang memang kurang jelas, dan pemain kurang fokus. Tapi tidak masalah, pelan-pelan diperbaiki,” kata Roca.

Solusi untuk Finishing Arema yang Buruk

Javier Roca membeberkan solusi awalnya untuk finishing Arema yang terbilang buruk ini. Yang pasti, semuanya akan dibenahinya dalam sesi latihan, salah satunya dengan latihan finishing khusus.

Pelatih asal Chila itu punya prinsip, tim yang punya banyak peluang itu sebenarnya cara kerjanya sudah bagus. Yang harus dilakukan pemainnya di lapangan tinggal bagaimana memanfaatkannya saja (menjadi gol).

“Kalau selama ini Arema punya tiga peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi satu gol, coba kita bikin 6, 7, 8 peluang untuk bisa tambah kesempatan bikin gol. Termasuk kita kasih lebih banyak opsi, agar pemain ambil keputusan tidak terburu-buru,” imbuhnya.

Utamakan Kerja Kolektif

Untuk mencetak gol, Javier Roca lebih menekankan kerja kolektif, tak peduli nama siapa yang nantinya tercatat di papan skor. Kerja sama taktikal ini juga menjadi bagian penting dalam pembenahan yang dilakukannya.

“Bikin gol itu tetap harus secara kolektit, tidak bisa kita sebut siapa pemain yang harus bikin gol. Tidak ada satu pemain yang dikontrak harus tentukan bikin gol. Tapi, tim yang harus bantu siapa pun yang punya peluang bikin gol untuk mendapatkan tiga poin,” pungkasnya.

Javier Roca akan kehilangan penyerang andalan Arema, Abel Camara di laga melawan Persib Bandung. BACA: Javier Roca harus menyiapkan opsi lain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Abel Camara di lini depan.