Arema Dukung New Normal di Sepak Bola Indonesia

Arema Dukung New Normal di Sepak Bola Indonesia
Laga Arema vs Persebaya (C) DANI KRISTIAN

Arema dukung New Normal yang juga bakal dilaksanakan di sepak bola Indonesia. Rencana digulirkannya kembali Liga 1 2020 bisa jadi bakal menandai program yang dicanangkan Pemerintah RI untuk ‘berdamai’ dengan covid-19 tersebut.

General Manager Arema, Ruddy Widodo yang tadinya mendukung kompetisi musim ini dihentikan permanen, akhirnya berubah pikiran. Setelah membaca perkembangan situasi terkini, termasuk wacana New Normal ini, pihaknya mendukung Liga 1 2020 dilanjutkan dengan sejumlah syarat.

Arema mengusulkan, jika kompetisi musim ini dilanjutkan, harus ada penambahan jumlah subsidi untuk klub peserta, dan rasionalisasi/renegoisasi nilai kontrak dengan pelatih dan pemain. Selain itu, protokol kesehatan juga harus diberlakukan secara ketat.

“Kalau kita takut dan hanya menunggu vaksin covid-19 ditemukan, mau sampai kapan? New Normal yang dicanangkan pemerintah ini membuka peluang dibukanya kembali dunia industri, termasuk industri sepak bola. Seperti diketahui, berhentinya industri sepak bola berdampak bukan hanya pada klub, tapi ada pelatih, pemain, dan banyak lagi yang bergantung pada kompetisi,” kata Ruddy.

Alasan Lain Arema Dukung New Normal

Ada alasan lain Arema mendukung wacana New Normal yang dicanangkan pemerintah. Ruddy Widodo menyebut, salah satunya adalah akan digelarnya Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan target Indonesia kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, yang kemudian disampaikan kepada PSSI, lalu ditegaskan kepada klub-klub Liga 1. Target itu adalah bukan hanya sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tapi juga berprestasi.

“Kalau tidak ada kompetisi, mau bermain di mana anak-anak U-20 ini sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-20? Sedangkan kita tahu kompetisi adalah Kawah Candradimuka-nya para pemain sepak bola,” tegas manajer berkaca mata itu.