Arema Incar Lisensi Klub Profesional AFC Kelima Berturut-turut

Arema Incar Lisensi Klub Profesional AFC Kelima Berturut-turut

Arema incar lisensi klub profesional AFC di musim 2021 ini. Jika lisensi itu berhasil didapatkan, artinya Arema meraihnya untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut.

Tahun 2020 lalu, di tengah vakumnya kompetisi, Arema meraih lisensi klub profesional keempatnya secara beruntun. Selain Arema, tahun lalu ada enam klub lainnya yang juga meraih lisensi yang sama, yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

Ada lima aspek yang dinilai AFC dan harus dipenuhi klub yang mengajukan lisensi tahunan tersebut. Kelima aspek itu antara lain aspek legalitas, finansial, personel dan administrasi, infrastruktur, dan sporting (pembinaan usia muda).

“Selain bersiap untuk menyambut Liga 1 2021, Arema juga mulai bersiap untuk proses pengajuan AFC club licensing yang dilaksanakan setiap tahun,” kata Media Officer Arema, Sudarmaji.

Arema Incar Lisensi Klub Profesional AFC, Terkendala Aspek Finansial

Sudarmaji tak memungkiri upaya Arema untuk mendapatkan lisensi klub profesional AFC di tahun kelima ini ada saja kendalanya. Salah satu yang menyita perhatian pihaknya adalah aspek finansial.

Menurutnya, aspek ini cukup krusial, karena berkaitan dengan pendanaan klub untuk bisa bertahan di kompetisi. Sebisa mungkin, Arema harus bertahan di tengah situasi serba sulit di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia.

“Memang tidak ada pemasukan dari sisi ticketing karena hampir pasti di kompetisi nanti pertandingan masih tidak bisa dihadiri penonton. Tapi, bagaimanapun kita harus bisa bertahan dengan situasi saat ini,” imbuhnya.

Mengandalkan Kebijakan Direksi Klub

Sudarmaji menambahkan, Arema sudah punya sejumlah cara untuk bisa selamat dari sisi finansial. Bukan cuma berharap dari dana sponsor sebagai pemasukan utama, kebijakan direksi klub turut berperan serta dalam hal ini.

“Minimnya pemasukan selama pandemi ini dirasakan oleh semua klub. Demikian pula dengan Arema, namun direksi tentu saja sudah mempertimbangkan langkah apa saja agar Arema bisa survive,” pungkasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.