Arema Masih Mencari Homebase, 3 Opsi Ini Mungkin Bisa Dicoba

Arema masih mencari homebase untuk laga kandang di Liga 1 2022-2023 putaran kedua. Setidaknya ada tiga opsi menarik yang mungkin bisa dicoba oleh manajemen klub berjuluk Singo Edan itu.

Sanksi dari Komdis PSSI memaksa Arema mencari homebase lain selain Stadion Kanjuruhan pasca Tragedi Kanjuruhan lalu. Arema dijatuhi sanksi denda 250 juta rupiah dan laga kandang usiran tanpa penonton sejauh 250 km dari Malang.

Kebetulan, di laga perdana di putaran kedua ini Arema bertindak sebagai tim tuan rumah. Sedianya, anak asuh pelatih Javier Roca bakal menjamu Borneo FC.

Awalnya, Arema PD (percaya diri) mendaftarkan Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai homebase untuk putaran kedua. Namun, ternyata ada penolakan dari klub dan kelompok suporter setempat yang memaksa pengelola mencabut izin yang sudah diterbitkan.

Lalu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memindahkan laga Arema vs Borneo ke Stadion Jatidiri, Semarang. Namun, penolakan kembali didapatkan Arema dari kelompok suporter sempat, sehingga pengelola stadion lagi-lagi tak memberi izin.

Arema Masih Mencari Homebase, Inilah 3 Opsi yang Mungkin Bisa Dicoba

1. Bermain di Luar Pulau Jawa

Sejauh ini opsi stadion yang coba diajukan Arema sebagai homebase tapi ada penolakan masih berada di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Opsi stadion di luar Pulau Jawa belum dicoba.

Beberapa waktu yang lalu, pelatih Javier Roca malah sempat ingin Arema berhomebase di Papua sekalian. Tak ada salahnya opsi ini dicoba, mengingat stadion-stadion di luar Jawa pun sudah banyak yang memenuhi standar.

2. Bermain di Kandang Lawan

Ada opsi menarik buat Arema yang bingung mencari stadion untuk menjamu lawannya dengan status tim tuan rumah. Kenapa tidak dicoba bermain sebagai tuan rumah di kandang tim lawan?

Misal, untuk menjamu Borneo FC, Arema bisa berkandang di Stadion Segiri, Samarinda. Memang, laga kandang bakal berasa laga tandang, tapi setidaknya masalah homebase bisa terpecahkan.

3. Menerima Tawaran Pemkab Boyolali

Pemerintah Boyolali mempersilakan Arema bermain di wilayahnya jika memang bingung mencari homebase. Tawaran itu datang tak lama setelah ada penolakan Arema menggunakan Stadion Jatidiri, Semarang.

Pemkab Boyolali memiliki Stadion Kebo Giro yang biasa dipakai Persebi Boyolali di Liga 2. Arema diizinkan menggunakan stadion tersebut jika memang menginginkannya.