Arema Mendukung Pemerintah Membubarkan BOPI

Arema Mendukung Pemerintah Membubarkan BOPI
Sudarmaji (C) DANI KRISTIAN

Pemerintah membubarkan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) baru-baru ini. Manajemen Arema mendukung apa yang dilakukan pemerintah tersebut.

BOPI menjadi salah satu badan yang terkena imbas dari evaluasi yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pembubaran itu tertuang dalam Peraturan Presiden RI No. 112 Tahun 2020.

Media Officer Arema, Sudarmaji menegaskan pihaknya sebenarnya tak masalah dengan keberadaan BOPI. Kalau tujuannya untuk bekerja sama membangun cabang olahraga sepak bola dengan pengelolaan klub yang profesional, Arema berpikir semakin banyak patner semakin baik.

“Tentunya, Arema sebagai klub sepak bola profesional mendukung apa yang dilakukan pemerintah. Termasuk dalam mengevaluasi badan yang selama ini berkaitan dengan profesionalisme cabang olahraga, yaitu BOPI,” kata Sudarmaji.

Pemerintah Membubarkan BOPI, Arema Teringat Tahun 2015

Menyebut nama BOPI, Sudarmaji teringat pada tahun 2015 lalu. Saat itu, BOPI menjadi salah satu penghalang keikutsertaan Arema dalam QNB League 2015 lantaran tak lolos verifikasi mereka, hingga akhirnya kompetisi pun dibubarkan.

Namun, menurutnya, bagaimanapun juga, BOPI pernah hadir dalam memberikan penilaian objektif pada Arema. Saat itu, BOPI berperan aktif dalam memberikan masukan, agar bagaimana Arema bisa berkontribusi dalam konteks pengelolaan klub sepak bola secara profesional.

“Penilaian klub profesional itu saat ini sudah dilakukan oleh PSSI selaku federasi, dan AFC lewat club licensing. Alhamdulillah, dalam lima tahun terakhir, Arema setiap tahun bisa lolos verifikasi menjadi klub profesional. Ada 5 aspek yang dinilai, yakni sporting, infrastructure, personel administration, legal, dan finance,” imbuhnya.

Harapan Arema Setelah Tiadanya BOPI

Sudarmaji berharap, dengan keputusan pemerintah mengevaluasi dan meniadakan BOPI, itu menjadi keputusan yang terbaik. Menurutnya, pemerintah pasti memiliki alasan kuat dan objektif dalam mengambil keputusan tersebut.

“Besar harapan kami, apa pun keputusan pemerintah adalah yang bisa membawa iklim pengelolaan klub sepak bola yang positif dan lebih profesional,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.