Berita Arema

Arema Tanggapi Wacana Pengurangan Kuota Pemain Asing

Arthur Cunha (C) DANI KRISTIAN

Asisten Pelatih Arema, Kuncoro tanggapi wacana pengurangan kuota pemain asing untuk Liga 1 2021 yang belakangan beredar liar. Menurutnya, wacana tersebut bagus juga.

Kuncoro mengaku tak masalah jika pun jumlah pemain asing yang bisa dikontrak sebuah klub di kompetisi dikurangi. Jika selama ini klub bisa mendaftarkan tiga pemain asing non Asia dan satu slot Asia, jatahnya dikurangi menjadi dua non Asia dan satu Asia.

Wacana ini sempat dibantah PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Meski demikian, menurutnya kalaupun diterapkan, Arema siap menjalankannya.

“Mau tiga atau empat pemain asing tidak masalah. Toh sama saja diberlakukan untuk semua tim. Terserah federasi bagaimana kebijakannya, mau pakai tiga pemain asing atau tetap empat seperti kemarin,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Pengurangan Kuota Pemain Asing Terhadap Arema

Kuncoro menyebut, sedikit banyak pengurangan jumlah pemain asing itu pasti berpengaruh pada kekuatan tim Arema. Namun, semua itu tergantung pada kualitas pemain asing yang dikontrak.

Kalau pemain asing yang dikontrak berkualitas nomor satu, meski cuma satu-dua pemain bakal menambah kekuatan tim. Mereka bakal menjadi tulang punggung tim di lapangan didukung oleh para pemain lokal berkualitas juga.

“Sekarang lihat kualitas pemain asingnya. Kalau yang dikontrak pemain asing yang biasa-biasa, sekalipun memenuhi kuota maksimal, terasa kurang efektif,” imbuhnya.

Dampaknya ke Pemain Lokal

Kuncoro menambahkan, pengurangan jumlah pemain asing ini juga akan berdampak pada kesempatan bagi pemain lokal. Ujung-ujungnya, hal ini bisa membuat pelatih Timnas Indonesia tidak kebingungan memilih pemain.

“Kalau kuota pemain asing dikurangi mungkin pemain lokal bisa mendapatkan jam terbang lebih. Ini efeknya ke timnas juga bisa lebih bagus,” pungkas pelatih asli Malang ini.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Exit mobile version