Berita Arema

Bahasa Tarzan Jadi Alat Komunikasi Duo Asing Arema

Brunno dan Caio dalam sesi latihan Arema (C) DANI KRISTIAN

Komunikasi antara pemain asing dan lokal Arema dalam sesi latihan tidak terkendala soal bahasa yang berbeda. Bahasa Tarzan jadi alat komunikasi yang dipakai duo asing Arema, Bruno Smith dan Caio Ruan.

Caio tidak fasih berbahasa Inggris, sedangkan Bruno yang sebelumnya pernah bermain di luar Brasil lebih lancar. Karena tak semua penggawa Arema bisa berbahasa Inggris, maka pelatih kiper Arema, Felipe Americo yang menguasai Bahasa Indonesia kerap mejadi penerjemah dadakan.

Namun, demikian, Asisten Pelatih Arema, Kuncoro menjelaskan, dalam permainan di lapangan, tak butuh komunikasi yang rumit. Apalagi, sepak bola dalam aturan internasionalnya memiliki istilah yang universal.

“Saya pikir kendala bahasa tidak masalah. Tidak mungkin di lapangan bicara dengan kalimat yang panjang, cukup dengan bahasa sepak bola. Bisa juga pakai bahasa tarzan, atau bahasa isyarat. Gerak tubuh kalau dilatih juga bisa menjadi alat komunikasi,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Adaptasi Tergantung Komunikasi Duo Asing Arema

Kuncoro menyebut cepat tidaknya proses adaptasi Bruno Smith dan Caio Ruan bukan ditentukan oleh tim pelatih Arema. Semua itu tergantung pada si pemain sendiri.

Caio yang bergabung dengan tim lebih awal pun belum tentu lebih cepat beradaptasi dengan tim. Sementara, Bruno sendiri baru dua hari bergabung dalam sesi latihan dua hari terakhir lantaran sebelumnya menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif covid-19.

“Kalau adaptasi ya tergantung si pemain, kita tim pelatih tidak bisa menilainya. Bagaimana mereka cepat atau tidak menyerap apa yang dimau tim pelatih, itu yang menentukan,” imbuhnya.

Caio Ruan Seharusnya Lebih Mudah Adaptasi

Kuncoro menilai Caio Ruan seharusnya bisa lebih mudah beradaptasi dengan tim. Sebab, posisinya sebagai bek tengah bisa menjadi keunggulan.

“Pemain belakang, terutama bek tengah, kan cuma dua dalam skema yang kami mainkan. Jadi dia lebih mudah untuk adaptasinya. Bagaimana dia memadukan permainan dengan pasangan duetnya sebagai bek tengah,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Exit mobile version