Bukan Cuma 4, Ternyata Arema Siapkan 5 Pemain Asing Untuk Musim Depan

- Advertisement -

Bukan cuma empat, ternyata Arema siapkan lima pemain asing untuk gelaran kompetisi musim depan. Satu pemain merupakan pemain cadangan jika PSSI memberlakukan kuota pemain asing 5+1 sama seperti aturan dari AFC, otoritas sepak bola Asia.

Sebelumnya, AFC menerbitkan regulasi anyar tentang kuota pemain asing untuk Liga Champions Asia 2023-2024. Klub peserta diperbolehkan mendaftarkan lima pemain asing, yang salah satunya harus pemain asing dari negara anggota AFC.

Sementara, musim lalu, regulasi Liga 1 2022-2023 memakai kuota 4+1, yakni tiga pemain asing bebas dan satu dari negara anggota AFC. Sempat ada wacana untuk kompetisi musim depan akan ada perubahan regulasi kuota pemain asing menyersuaikan dengan aturan internasional.

“Wacana ini tidak memberatkan, mau 4+1 atau 5+1, kami siap,” kata Manager Tim Arema, Wiebie Andriyas.

Tujuan Arema Siapkan 5 Pemain Asing Untuk Memenuhi Kuota

Wiebie menambahkan, manajemen Arema punya alasan tersendiri mengapa berencana memenuhi seluruh kuota pemain asing sesuai regulasi yang disahkan PSSI. Menurutnya, langkah tersebut ada sisi positifnya, khususnya untuk para pemain lokal.

Keberadaan para pemain asing dalam sebuah tim bisa menarik minat sponsor untuk gabung. Selain itu, para pemain asing dapat mendatangkan suporter ke stadion yang akan meningkatkan pemasukan lewat penjualan tiket.

“Selain itu, menurut saya banyak pemain asing bagus juga, karena bisa memacu semangat para pemain lokal. Mereka tidak bisa santai-santai, harus berebut slot yang tersisa di starting XI, mereka harus bersaing dengan sehat,” imbuhnya.

Agak Mengganggu Persiapan

Belum disahkannya regulasi anyar untuk kuota pemain asing ini menurut Wiebie agak mengganggu persiapan timnya dalam hal membentuk komposisi pemain. Makanya, Arema menyiapkan lima pemain asing sekaligus, satu di antaranya masuk daftar siap panggil jika regulasinya jadi 5+1.

“Sebenarnya mengganggu juga, karena belum segera disahkan regulasinya. Tapi, kami sudah jaga-jaga, sebagai persiapan kami ada satu pemain asing yang siap dipanggil. Sekarang tergantung PSSI bagaimana regulasinya,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya