Cerita di Balik Angka 8 yang Jadi Nomor Punggung Renshi Yamaguchi

Ternyata ada cerita menarik di balik angka 8 yang jadi nomor punggung Renshi Yamaguchi di Arema untuk Liga 1 2021-2022. Gelandang asal Jepang itu mengaku belum pernah memakai nomor punggung tersebut dalam karier profesionalnya sebelum ke Arema.

Saat bermain di Hougang United (Singapura), Renshi memakai nomor punggung 3, sedangkan di FC Chanthabouly (Laos) pakai 6. Saat berkarier di Liga Thailand pun pemain berusia 28 tahun itu memakai nomor punggung 17 (di Ubon United), 5 (di Ayutthaya United), dan 16 (di Lampang FC).

Angka delapan sendiri bagi orang Jepang bisa dibilang sebagai simbol harapan dan keberuntungan. Angka ini dalam Bahasa Jepang dilafalkan ‘hachi’, yang dalam huruf Kanji ditulis dalam bentuk / \ (dari ujung sempit melebar di ujung lainnya).

“Saya sebenarnya tidak punya angka favorit untuk nomor punggung. Tiap tahun juga saya selalu berganti nomor punggung di tim yang saya bela,” kata Renshi dalam live Instagramnya.

8 Adalah Nomor Punggung Renshi Yamaguchi Saat Masih SSB

Renshi Yamaguchi mengisahkan, nomor punggung 8 sebenarnya pernah dipakainya saat masih muda dulu. Tepatnya, ketika pemain kelahiran Yokohama, Jepang itu masih di Sekolah Sepak Bola (SSB).

Kenangan tentang nomor punggung 8 itu didapatkannya saat Renshi mengikuti kejuaraan usia muda tingkat nasional. Sebenarnya, ketika itu Renshi mengenakan nomor punggung lain, bukan nomor punggung 8.

“Seingat saya waktu itu nomor punggung saya 5 atau 6, tapi pelatih memberi saya nomor punggung 8 di turnamen nasional. Saat itu kami menjadi juara, dan momen itu tidak bisa saya lupakan, dan sekarang nomor punggung 8 itu saya pakai lagi di Arema,” pungkasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.