Charis Yulianto Sering Beri Instruksi Pakai Bahasa Spanyol

Charis Yulianto Sering Beri Instruksi Pakai Bahasa Spanyol
Charis Yulianto (C) DANI KRISTIAN

Dalam memimpin latihan, Asisten Pelatih Arema, Charis Yulianto sering beri instruksi dari tepi lapangan dengan Bahasa Spanyol. Instruksi tersebut ditujukannya kepada pemain asing Arema.

Kerap terdengar kata-kata dalam Bahasa Spanyol yang dimaksudkan agar Elias Alderete yang berasal dari Argentina memahami materi latihan. Duo Brasil, Pedro Bartoli dan Hugo Grillo turut terbantu, mengigat Bahasa Spanyol dan Bahasa Partugis yang biasa dipakai di negara mereka tak jauh beda.

Charis sedikit-banyak mulai belajar Bahasa Spanyol sejak masih menjadi pesepak bola aktif, tepatnya ketika berguru ke Italia bersama Timnas Indonesia dalam program Baretti. Momen itu terjadi selama kurun waktu 1995-1996.

“Saat berkompetisi di Italia bersama Timnas Baretti, saya juga belajar Bahasa Italia, sepertinya ada beberapa kemiripan dengan Bahasa Spanyol. Apalagi saya juga punya beberapa teman dari Spanyol. Setidaknya bisa sedikit mengerti, meskipun tidak jago Bahasa Spanyol,” ungkap Charis kepada WEAREMANIA.

Charis Yulianto Sering Berkomunikasi dengan Pelatih Amerika Latin

Sosok yang menurutnya berjasa membuatnya bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Spanyol tak lain adalah Mario Gomez. Sebelumnya, Charis Yulianto memang menjadi asisten pelatih asal Argentina itu di Borneo FC, lalu bersama-sama pindah ke Arema.

Dalam sesi latihan, Gomez dan Charis kerap berdiskusi, bukan cuma menggunakan Bahasa Inggtis sebagai bahasa pengantar utama, melainkan memakai Bahasa Spanyol. Hal itulah yang kemudian terbawa saat berkomunikasi dengan para pemain asing asal Amerika Latin yang sering bekerja sama dalam satu klub dengan mereka berdua.

“Saya bicara dengan Coach Gomez pakai Bahasa Spanyol. Tentu ini menjadi keuntungan bagi saya pribadi, bisa berkomunikasi dengan pemain asing, terutama yang berasal dari Amerika Latin. Saya juga sambil terus belajar juga,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.